Asia Pacific Community Conference for Palestine

Asia Pacific Community for Palestine atau biasa disingkat Aspac for Palestine merupakan sebuah wadah konsorsium organisasi se-Asia Pasifik, yang menaungi berbagai lembaga dan individu yang peduli dengan perjuangan rakyat Palestina.

Didirikan melalui sebuah deklarasi bersama dalam Asia Pacific Community Conference for Palestine pada hari Kamis, 30 Juni 2011 di Jakarta Convention Center (Balai Sidang Jakarta). Konferensi ini dibuka secara resmi oleh Bapak Taufiq Kiemas, Ketua MPR RI sehari sebelumnya. Pada acara pembukaan, duta besar Negara-negara sahabat turut hadir seperti: Sudan, Vietnam, Kuwait, Syiria, Palestina, Emirat, Laos dan Lebanon.

Konferensi ini dihadiri oleh 395 peserta dari 22 negara di dunia, khususnya Negara-negara Asia Pasifik yaitu: Indonesia, Aljazair, Bahrain, Bangladesh, India, Inggris, Iraq, Jepang, Jordan, Kuwait, Lebanon, Malaysia, Maldeves, Mesir, Pakistan, Philipina, Srilanka, Sudan, Syiria, Tunisia, Turkey dan Yaman.

Selain tokoh nasional yang hadir dalam konferensi, juga hadir tokoh-tokoh internasional seperti George Galloway (Inggris), Nasharuddin Mat Isa (Malaysia), Osama Hamdan (Palestina) dan Ali Panda (Philipina).

Setelah setahun didirikan, Aspac for Palestine kini menjadi organisasi resmi berbadan hukum dengan Akta Notaris Jhon Edy Rahman, SH, MKn. No. 1 tanggal 06 Juni 2012 dan telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan No. 158/A DLL/HKM/2012 pada hari Rabu, 20 Juni 2012.

Deklarasi Aspac for Palestine

Kami, komunitas lembaga non pemerintah dan anggota parlemen di kawasan Asia dan Pasifik, berhimpun bersama untuk memperjuangkanhak-hak rakyat dan bangsa Palestina di Balai Sidang Senayan, Jakarta, Indonesia dari tanggal 29 sampai dengan 30 Juni 2011.

Meyakini bahwa rakyat dan bangsa Palestina berhak mendapatkan kemerdekaan dan kedaulatan serta merupakan bagian tak terpisahkan sebagai warga dunia.
Meneguhkan solidaritas dan dukungan kepada rakyat dan bangsa Palestina, yang tengah berjuang untuk melawan penjajahan zionis Israel, meruntuhkan berbagai blokade, dan memulangkan para pengungsi ke tanah airnya.

Menyimak dan mempertimbangkan berbagai resolusi dan deklarasi yang dihasilkan dalam konferensi Internasional Palestina yang digelar sebelumnya dan pembahasan sidang komisi pada Konferensi Asia Pasifik, maka kami mendeklarasikan:

1. Kami berkomitmen untuk:
– Mengutuk keras praktek pendudukan atas nama etnis yang bertujuan melenyapkan Baitul Maqdis dan Palestina secara keseluruhan, serta melakukan perampasan terhadap hak-hak penduduknya, termasuk penyerangan yang membahayakan terhadap situs agama samawi di Al Quds, terutama masjid suci Al Aqsha,
– Selalu menyuarakan Resolusi PBB No. 3379 bahwa Zionisme adalah gerakan yang dibentuk atas dasar etnis dan bersifat rasis,
– Menggalang solidaritas masyarakat Asia Pasifik bagi kemerdekaan Palestina dari penjajah Zionis.

2. Kami mendesak:
– Pemerintah negara kami masing-masing untuk tidak melakukan hubungan diplomatik dengan Israel dan melakukan Boycott, Divestment and Sanction (BDS) kepada mereka sampai mereka mau mengakui semua resolusi PBB yang mereka langgar, memulihkan hak-hak rakyat Palestina dan mengakui kedaulatan wilayah Palestina ditangan rakyatnya.
– Israel untuk mengakhiri blokade di Gaza dan membuka pintu-pintu perbatasan, menghentikan pembangunan pemukiman Yahudi di tanah Palestina, membongkar tembok pemisah, dan menghentikan pembunuhan terhadap para pemimpin Palestina, serta membebaskan warga Palestina dari penjara-penjara Israel termasuk membebaskan Syeikh Ra’id Sholah yang baru-baru ini ditangkap.
– Liga Arab dan Organisasi-organisasi Islam di Negara Arab untuk memberikan dukungannya terhadap Al-Quds dan tempat-tempat suci milikumat agama samawi di sana dan melindungi warga sipil dan pimpinan ummat beragama.
– Organisasi Koferensi Islam (OKI) untuk bekerja secara nyata dan tegas membantu Palestina dalam: membuka berbagai blokade dan embargo atas Palestina, mengembalikan para pengungsi, tidak membiarkan sejengkalpun tanah Al Quds untuk Israel.
– Pemerintah negara yang berbatasan dengan Palestina untuk membuka pintu perbatasan dan memudahkan masuknya bantuan dunia internasional bagi rakyat Palestina
– Persatuan Bangsa-Bangsa untuk menetapkan Israel sebagai negara teroris dan pelanggar hak-hak asasi manusia, serta menuntut para pemimpinnnya untuk diajukan ke Mahkamah Internasional sebagai penjahat HAM

3. Dari lubuk hati yang paling dalam, kami:
– menyatakan apresiasi yang mendalam kepada Pemerintah, khususnya Yang Terhormat Bapak Taufik Kiemas, Ketua MPR RI, dan warganegara Indonesia yang telah menjadi tuan rumah konferensi tersebut di Jakarta,
– Berharap Indonesia, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, menjadi pelopor dan penghulu bagi kerja-kerja membantu rakyat Palestina, baik di tingkat kawasan Asia Pasifik, maupun di tingkat dunia,
– Menyampaikan penghargaan dan kebanggaan kepada bangsa Palestina atas kesungguhan dan pengorbanannya dalam mempertahankan tanah milik mereka,
– Menyampaikan selamat kepada rakyat Tunisia, Mesir dan negara-negara lainnya di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.
– Menyampaikan do’a semoga gelora revolusi rakyat yang terjadi dapat membawa kepada kehidupan demokratis serta membawa rasa keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyatnya.
– Menyampaikan harapan agar perubahan yang terjadi di kawasan timur tengah dan Afrika tersebut akan menghadirkan pemerintahan yang mendukung kemerdekaan Palestina dari cengkeraman Zionis Israel dan membantu mereka menggapai perdamaian hakiki.
Dengan ini kami, komunitas lembaga non pemerintah dan anggota parlemen di kawasan Asia Pasifik, bersama-sama bertekad untuk meningkatkan koordinasi yang baik di antara kami dan melakukan konsolidasi dalam rangka memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina untuk membuat gerakan bersama yang bekerja sungguh-sungguh untuk menyelamatkan Al-Quds dan Palestina. Gerakan bersama ini adalah Asia Pacific Community for Palestine.

Jakarta, 30 Juni 2011
Atas nama para peserta konferensi yang hadir,
Suripto, SH.
Ketua Panitia Pengarah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *