AS Tolak Visa Bagi Pejabat Palestina Hadiri Pertemuan PBB

Perwakilan Palestina untuk PBB Riyad Mansour menghadiri pertemuan DK-PBB di New York, Amerika Serikat [ Volkan Furuncu / Anadolu ]
 

 

Enam orang pejabat Palestina yang dijadwalkan akan menyampaikan presentasi di kantor PBB di New York telah ditolak mendapatkan visa oleh AS tanpa penjelasan. Para pejabat itu dijadwalkan menghadiri pertemuan tingkat tinggi tentang pembangunan kemarin untuk menyajikan laporan tentang Implementasi Palestina terhadap tujuan PBB untuk tahun 2030.

Dalam ketiadaan mereka, Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour harus turun tangan dan membuat presentasi atas nama Palestina, yang memiliki status sebagai pengamat non-anggota di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Mansour menyampaikan berita itu kepada para wartawan dan mengatakan bahwa “kekuatan penjajahan “Israel” memperumit masalah” dengan menolak mengizinkan beberapa pakar itu pergi ke Yerusalem untuk memeriksa visa mereka.

Mansour mengatakan bahwa sebagai negara tuan rumah AS telah melanggar perjanjian PBB dengan menolak masuk terhadap delegasi dari salah satu anggota badan dunia. Dilaporkan bahwa dia akan mengirim surat protes ke komite Majelis Umum yang berurusan dengan hubungan negara tuan rumah.

Dengan ketiadaan rekan-rekannya Mansour memberitahu PBB bahwa Otoritas Palestina “berusaha yang terbaik ” untuk memenuhi 17 tujuan demi mengakhiri kemiskinan ekstrim di Palestina tetapi tugas mereka terhambat oleh penjajahan “Israel”.

AS dilaporkan akan menyelidiki keluhan tersebut. Sementara itu, insiden ini akan dinilai sebagai contoh lain dari permusuhan terhadap Palestina. Hubungan mulai suram secara dramatis setelah Presiden Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota “Israel” dan memindahkan kedutaan AS ke sana.

Pemerintahan Trump juga telah memotong dana bagi badan pengungsi Palestina PBB, meninggalkan UNRWA berjuang untuk mengisi kesenjangan anggaran utama untuk program pendidikan dan kesehatannya. (i7)

———————

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 19/07/2018, pukul 14:50.

, , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *