AS-Israel Kalah di PBB soal Yerusalem, Ini Respons Indonesia

aspacpalestine.com – New York. Pemerintah Indonesia menyambut baik hasil pemungutan suara atau voting di Majelis Umum PBB terkait resolusi pembatalan pengakuan Amerika Serikat (AS) atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Indonesia bagian dari 128 negara yang menang voting mendukung resolusi tersebut.

Total negara penolak resolusi atau pro-AS dan Israel hanya sembilan termasuk kedua negara tersebut. Kemudian, sebanyak 35 negara lainnya memilih abstain dan ada 21 negara yang absen dalam voting semalam (21/12/2017) WIB.

Indonesia merupakan co-sponsor resolusi untuk menolak pengakuan unilateral AS atas Yuresalem sebagai Ibu Kota Israel. Sikap Indonesia ini sebagai komitmen untuk mendukung Palestina.

“Hasil tersebut menunjukan bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia bersama mayoritas dunia, mendukung perjuangan rakyat Palestina,” kata pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam sebuah pernyataan yang diterima SINDOnews, Jumat (22/12/2017).

Indonesia minta semua anggota PBB menghormati hasil pemungutan suara tersebut. ”Mendengar panggilan moral dan politis dunia yang meminta perdamaian dan kemerdekaan bagi Palestina,” lanjut pernyataan Kemlu.

“Untuk itu, Indonesia mendorong semua pihak  mendukung proses perdamaian Palestina-Israel yang dapat merealisasikan solusi dua negara,” imbuh pernyataan Kemlu.

Indonesia akan terus melanjutkan perjuangan diplomasi bagi kemerdekaan Palestina dan memberi bantuan konkret bagi pembangunan Palestina.

 

Sumber: sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *