AS dan Israel Mundur dari UNESCO

aspacpalestine.com – Paris. Amerika Serikat mengumumkan akan mundur dari Organisasi PBB untuk Pengetahuan dan Budaya (UNESCO). Mereka beralasan bahwa organisasi tersebut telah menyimpang menjadi “anti Israel”.

juru Bicara Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat (AS), Heather Nauert mengatakan pada hari kamis, bahwa AS akan membangun sebuah “misi pengamat” untuk ditempatkan perwakilannya di organisasi tersebut.

Menanggapi pengunduran AS sebagai anggota UNESCO, Israel menyebut keputusan pemerintahan AS merupakan “berani dan bermoral” dan menuduh UNESCO menjadi “teater yang tidak jelas”.

“Perdana Menteri Israel menginstruksikan Menteri Luar Negerinya untuk mempersiapkan Israel menarik diri dari Organisasi tersebut, bersama dengan Amerika Serikat,” Ucap kantor Benyamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan yang dilansir oleh aljazeera.com (13/10/2017).

Keputusan AS menggambarkan pemerintah AS secara total dan sempurna telah menyimpang ke Israel, ujar Mustafa Barghouti, Sekretaris Jenderal Palestinian National Initiative, sebuah partai nasional Palestina.

“Tindakan ini merupakan kontraproduktif dan memalukan”, kata Barghouti saat diwawancarai aljazeera.com melalui sambungan telepon.

“Cepat atau lambat mereka akan melihat Palestina di setiap organisasi-organisasi PBB, akankah mereka menanggapi hal itu dengan menarik diri dari WHO atau World Intellectual Property Organization? mereka akan melukai diri mereka sendiri.

Pada 20011, Amerika Serikat marah saat anggota UNESCO memberikan secara penuh keanggotaan Palestina di organisasi tersebut, meskipun hal ini ditentang oleh sekutunya yaitu Israel.

Amerika Serikat menentang langkah apapun yang dilakukan oleh badan-badan organisasi PBB untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Bahkan, AS bersikeras pengakuan ini harus menunggu sebuah negosiasi kesepakatan damai timur tengah.

 

Sumber: aljazeera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *