Video – Detik-detik Jelang Ditembaknya Paramedis Razzan Al-Najjar

Dikirim oleh LuLu Basmah pada 2 Juni 2018

Oleh: Lulu Basmah

Video dan foto rekaman menit-menit terakhir menjelang ditembaknya paramedis Razzan Al-Najjar oleh sniper Israel di perbatasan Gaza.

Tampak Razzan dan tim medis lainnya mengangkat kedua tangan mereka yang menunjukkan bahwa mereka tak bersenjata. Ditambah lagi mereka menggunakan seeagam putih dan sarung tangan putih.

Tapi Israel yang memang teroris sejati tak menghiraukan mereka yang akan menolong para korban yang berjatuhan, pun tak menghiraukan hukum perang internasional seperti pada Konvensi Jenewa dan hukum lainnya.

Pengaturan mengenai perlindungan terhadap petugas kesehatan dalam medan perang dapat ditemui dalam pasal-pasal Konvensi Jenewa dan Protokol tambahannya. Misalnya, sebagaimana diatur dalam Pasal 11, Pasal 24-27, Pasal 36, dan Pasal 37 Konvensi Jenewa maka petugas kesehatan harus dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan, di antaranya mencangkup:

Baca juga: Saat Razan Kehilangan Nyawanya, Nikki Haley Kehilangan Kemanusiaannya

Razan akan dikenang karena menjadi sukarelawan tanpa pamrih dengan nama seperti saat dia dilahirkan. Berlawanan dengan Nimrata Randhawa, yang akan dikenang dengan namanya yang telah diganti Nikki Haley, untuk menyembunyikan asal usul Indianya. [Elshamy/Anadolu Agency]

“Seseorang yang ditugaskan, baik permanen maupun sementara, semata-mata untuk pekerjaan medis (mencari, mengumpulkan, mengangkut, membuat diagnosa dan merawat orang yang cedera, sakit, korban kapal karam dan untuk mencegah penyakit). Mereka itu adalah dokter, perawat, jururawat, pembawa usungan.” (LB)

lihat juga :

https://wp.me/p9Rwjn-94h

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *