Apa Makna Hari Bumi Palestina?

Bumi adalah sebuah tempat bagi jutaan ribu makhluk hidup yang termasuk juga di dalamnya manusia, Allah subhaanahu wa ta’aalaa telah menjadikan bumi sebagai tempat hidup manusia dan agar mereka memperoleh banyak kebaikan di dalamnya. Allah Subhaanahu wa ta’aalaa berfirman: “Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah segala penjurunya dan makanlah daripada rezekiNya. Dan hanya kepadaNyalah kamu dibangkitkan.” [Q.S Al-Mulk:15].

Maka dimanapun kamu berpijak tentulah sedang berpijak di atas bumi Allah Subhaanahu wa ta’ala, oleh itu patutlah untuk senantiasa menjaga dan merawatnya. Hari bumi pun menjadi sebuah momen yang sangat penting dan kita mengenal  diantaranya: Hari Bumi Sedunia dan Hari Bumi Palestina.

Hari Bumi Palestina : Setelah Israel menyita sekitar 21 hektar tanah di Palestina; desa Arraba, Sakhnin, Deir Hanna, Tur’an, Tamra dan Kabul meletuslah perlawanan rakyat Palestina pada tanggal 30 Maret 1976 M, mereka bersama-sama melawan ultimatum dari Israel dan melakukan pawai besar di jalanan sehingga terjadi bentrokan antara tentara Zionis dan rakyat Palestina yang menyebabkan kematian 6 warga Palestina dan ratusan lainnya ditangkap. Oleh karena 75 % warga Palestina bermata pencaharian di tanah mereka sendiri mereka tidak dapat menerima penyitaan tanah mereka oleh penjajah, maka jadilah hari tersebut sebagai peristiwa penting bagi rakyat Palestina khususnya dan diperingati setiap tahunnya.

Mawdoo3.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *