Anak-Anak Gaza Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

aspacpalestine.com – Gaza. Genap 72 tahun kemerdekaan Indonesia, Genap 72 tahun yang lalu pula adanya ucapan “Selamat Kemerdekaan” yang diberikan oleh Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin al-Husein. Merupakan sebuah ucapan selamat yang juga pengakuan dari Palestina kepada kemerdekaan Indonesia.

Pengakuan dan dukungan yang datang dari Palestina memiliki fungsi dan amanat krusial. Jika tanpa adanya pengakuan tersebut, mungkin kemerdekaan Indonesia hanyalah sebuah wacana yang tak mendapatkan pengakuan dari bangsa lain.

Akan tetapi, sebuah bentuk ucapan “Selamat Kemerdekaan” tidak berhenti sampai disana. Ucapan yang sama kembali datang dari Palestina untuk Hari Kemerdekaan Indonesia 2017 ini. Ucapan tersebut datang langsung dari Gaza.

Dari Kota Gaza yang masih mendapatkan kepungan dan terus dijajah sepanjang tahun ini, ucapan kemerdekaan itu datang dengan tulus dari mereka. Beberapa kali anak dari Gaza ini mencoba untuk mengucapkan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017 ini dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

“Merdeka, merdeka, Eid Istiqlal Indonesia,” ujar mereka, seperti yang dilaporkan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rabu 16 Agustus 2017.

Karena mereka kental dengan logat Bahasa Arab-nya, ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017 ini lebih terdengar sebagai ‘merdika’ dari pada ‘merdeka’. Oleh karena itu, ekspresi yang mereka tunjukkan membuat tawa, haru, hingga bangga menjadi satu.

Pada sore hari saat perayaan, di sebuah bangunan Sekolah Menengah Pertama Putri bernama Fatima binti Asad School, yang berada di sebelah utara Kota Gaza, terlihat telah berkibar bendera Indonesia, ada ucapan merdeka dan Eid Istiqlal yang telah diucapkan beberapa kali untuk Hari Kemerdekaan Indonesia 2017 ini.

 

Sumber: indowarta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *