Al-Qatayef: Kue Nan Cantik Sajian Bulan Ramadhan di Gaza

Foto oleh Ahmed Salama (Gulf News)

Sajian nan Lezat Ramadhan tidak akan teringat kecuali secara serentak teringat pula bersamanya kue-kue tradisional “Al-Qatayef”. Di Gaza, kue ini mengalahkan semua jenis kue lain dalam persaingannya di bulan suci yang mulia ini. (Foto-foto ditampilkan pada bagian bawah laporan ini, dengan kredit kepada “Pusat Informasi Palestina”).

 

Bahan dan Cara Pembuatannya

Adonan “Al-Qatayef” terbuat dari tepung terigu khusus yang dicampur mentega, susu dan ragi. Penampilan adonan  halus ini – setelah dimasak dengan cepat yang membutuhkan waktu kurang dari satu menit – bagaikan sarang lebah.

Qatayef disajikan setelah diisi dengan berbagai jenis kacang-kacangan. Yang paling terkenal adalah isian kacang tanah yang digiling dan dicampur dengan kelapa dan kayu manis. Jenis lainnya disajikan dengan isian keju, krim, dan kenari, dan ada pula yang menambahkan kacang pinus, kismis, almon, dan kacang tanah.

Pembuatannya, Qatayef bisa dipanggang atau digoreng setelah direndam terlebih dahulu di dalam rendaman air gula. Ada orang yang lebih suka disajikan tanpa gula dengan ditaburi krim.

 

Sejarah Qatayef dan Blokade Gaza

Sejarah kue Qatayef dapat ditelusuri bermula sejak era Kekhalifahan Abbasiah 566 – 653 (CE). Khalifah yang saat itu berkuasa meminta kue termanis atau tercantik untuk disajikan pada bulan Ramadhan, maka kemudian muncullah Qatayef di permukaan bumi. Sejak saat itu, Qatayef menduduki tempat yang khusus di hati bangsa Arab.

Bukan kue yang begitu gampang untuk dibuat, perlu banyak berlatih. Kue ini dinikmati oleh kaum berpunya dan kaum papa juga. Namun karena blokade dan tersebarnya banyak pengangguran, warga Palestina, khususnya Gaza membuat Qatayef banyak pada bulan suci Ramadan.

Kebanyakan orang tidak bisa membuat Qatayef di rumah masing-masing karena mereka tidak punya piring anti panas dan alat pemanggang atau penggoreng  yang diperlukan, belum lagi rempah dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Jadi kue lezat ini memang sesuatu yang spesial dalam benak banyak orang di dalam momen Ramadhan seperti ini di Gaza dan Palestina secara umum.

—————-

Sumber:

www.palinfo.com, terbit: 20/05/2018 –  jam: 10:12:14 pagi.

www.gulfnews.com, terbit: 16/06/2017 – jam: 05:07.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *