Aksi Pawai Kepulangan Jumat ke-3 – Serukan Aksi Jumat “Syuhada dan Tahanan”

Komite Nasional Pawai Kepulangan dan Pemecah Blokade Jalur Gaza pada Jumat sore (13/04), menyerukan penutupan Jumat dengan menaikkan bendera Palestina dan membakar bendera Israel. Komite jugamenyerukan mobilisasi dan mengisi demonstrasi hari Jumat depan dengan nama “Jumat Syuhada dan Tahanan.”

Komite memuji berbagai aksi demonstrasi yang diluncurkan di kamp-kamp Lebanon, Yordania, Tepi Barat, di dalam Palestina,Eropa dan Australia. Komite mengatakan bahwa ini semua “memberi kabar gembira akan tersebarnya kemarahan nasional,” sambil menekankan bahwa “realisasi hak ini akan dilakukan dan bukan diada-adakan”.

Komite memberikan pujian kepada para jurnalis yang bekerja meliput aksi penembakan oleh Penjajah terhadap para demonstran aksi damai di timur Gaza. Komite berkomentar tentang keberadaan para jurnalis itu bahwa “ini menegaskan mata-mata  mereka lebih kuat dari mata-mata peluru penghianat yang berupaya mengaburkan hakekat kebenaran.”

Komite juga memberikan pujian kepada tim relawan medis yang bekerja memberikan pertolongan kecelakaan darurat kepada para demonstran, sambil menegaskan bahwa dijadikannya tim medis ini dan juga kemah medisnya sebagai sasaran tembak “merupakan bukti ke-nazi-an dan betapa haus darahnya Penjajah Israel.”

Dalam aksi Jumat kemaren (13/04),  Islam Herzallah (28 tahun) tecatat mengalami syahid dan sekitar seribu  orang lainnya menderita luka-luka di Jalur Gaza. Mereka dijadikan sasaran tembak peluru senapan dan bom-bom gas oleh militer Penjajah Israel di dekat pagar perbatasan. Diantara korban itu adalah tim-tim medis dan juga jurnalis.

Gelombang ketiga Pawai Kepulangan Akbar dihadiri ribuan orang di Jalur Gaza dan seruan-seruan serupa di Tepi Barat yang terjajah. Acara itudisertai dengan pembakaran bendera Israel dan pengibaran bendera Palestina.

Ribuan warga kembali berduyun-duyun di kamp pengungsian yang didirikan di lima titik di Jalur Gaza,  700 meter dari pagar batas pemisah untuk menunaikan salat Jumat dan mengikuti serangkaian acara.

33 warga Palestina telah syahid dan 3.100 orang lainnya menjadi korban luka tembak oleh militer PenjajahIsrael. Para demonstran damai ini telah dijadikan sasaran tembak oleh Penjajah di dekat pagar pembatas dengan Jalur Gaza selama tiga minggu berturut-turut.

—–

Sumber: www.arab48.com

Diterbitkan: 13/04/2018 – 22:56

 

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *