Afrika Selatan Akan Turunkan Peringkat Misi Diplomatik Terhadap ‘Israel’


Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa mengatakan bahwa pemerintahnya berencana untuk menurunkan peringkat misi diplomatiknya terhadap ‘Israel’.

Hal ini, menurutnya, muncul sebagai tanggapan atas beberapa rekomendasi dari Konferensi Nasional Partai Nasional Afrika yang berlangsung lebih dari setahun yang lalu, demikian seperti dilansir oleh kantor berita Safa kemarin (08/03).

Berbicara di hadapan parlemen, Ramaphosa mengatakan bahwa pemerintahannya berdiri bersama rakyat Palestina dalam perjuangan mereka untuk meraih penentuan nasib sendiri, tetapi juga mengakui “hak berdaulat” bagi ‘Israel’. Dia juga menjelaskan bahwa Kementerian Kerjasama Internasional dan Urusan Luar Negeri masih sedang bekerja demi mengimplementasikan keputusan tersebut.

“Ini [Keputusan yang diambil] dikarenakan pelanggaran terhadap hak-hak rakyat Palestina,” kata Ramaphosa, menambahkan: “Kami sedang melakukan tekanan terhadap Israel [tetapi,] pada saat yang sama, kami siap untuk menjadi penengah bagi proses untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah.”

Presiden menambahkan: “Kami khawatir dengan pelanggaran terhadap hak Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan keengganan ‘Israel’ untuk memulai pembicaraan yang bertujuan bagi terapainya solusi yang adil dan damai bagi konflik ini.”

Dia tidak merincikan kapan penurunan peringkat hubungan bilateral itu akan akan terlaksana, tetapi dikatakannya bahwa ini akan segera diumumkan setelah terlaksananya. (i7)

———————-

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 09/03/2019, jam: 01: 08 siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *