Abbas Tolak Panggilan Telepon Kushner

aspacpalestine.com – Palestina. Presiden Mahmud Abbas menolak menjawab telepon dari Jared Kushner, Rabu (22/11/2017). Berita dilansir oleh Haaretz pada hari Kamis (23/11/2017). Jared Kushner merupakan penasihat Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang bertanggungjawab mediasi sebuah kesepakatan damai Israel-Palestina.

Terkait panggilan Kushner, Presiden Mahmud Abbas meneruskan panggilan tersebut ke perwakilan otoritas Palestina di Washington, menurut saluran televisi Libanon, Al-Mayadeen.

Hal ini terjadi ditengah ketegangan yang muncul di negara tersebut, setelah Washington memutuskan untuk tidak memperbaharui izin kantor PLO di ibukota negara AS. Keputusan Wahington tersebut mendorong Presiden Abbas mengumumkan pembekuan komunikasi Palestina dengan Amerika Serikat (AS).

Gedung Putih menuntut Palestina menarik tuntutannya ke Mahkamah Pidana Internasional terkait investigasi terhadap Israel dan tidak menentang inisiatif perdamaian yang dibuat oleh AS. Dua poin tersebut adalah prasyarat bagi PLO untuk melanjutkan operasionalnya di Amerika Serikat.

“Di waktu yang akan datang, kami akan menentukan penetapan hubungan Palestina-Amerika Serikat”, ujar Juru Bicara Abbas, Nabil Abu Rudeineh saat melakukan kunjungan resminya ke Madrid.

Terkait tuntutan AS yang baru, Abu Rudeineh mengatakan bahwa perintah Abbas muncul dari keyakinannya di dalam perjalanan masyarakat Palestina.

Rabu (22/11/2017), Pejabat pemerintah Palestina menyatakan bahwa gedung putih mencoba menghubungi otoritas Palestina untuk mengundang Abbas menghadiri pertemuan di Washington, pekan depan. Namun, Presiden otoritas Palestina tidak merespon undangan tersebut.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *