Abbas Putuskan Hubungan Dengan AS, Negara Zionis Sebagai Penolakan Atas Rencana Trump


Kairo – Presiden Mahmoud Abbas mengatakan Sabtu (01/02) bahwa Otoritas Palestina telah  memberitahukan kepada negara Zionis dan Amerika bahwa pihaknya memutus hubungan dengan mereka, setelah menolak rencana Timur Tengah yang disampaikan oleh Presiden AS Donald Trump.

Abbas menyatakan itu hadapan pertemuan Liga Arab, yang mendukung posisi Palestina.

LIga Arab menolak keseluruhan rencana itu dalam sebuah sidang darurat di ibukota Mesir, dengan alasan itu tidak akan mengarah kepada sebuah kesepakatan perdamaian yang adil

Organisasi regional itu dalam sebuah pernyataannya menjelaskan bahwa ia “menolak ‘Kesepakatan Abad Ini’ milik AS-negara Zionis dengan alasan kesepakatan itu tidak memenuhi hak minimal dan aspirasi rakyat Palestina.”

Negara-negara Arab bersikeras pada solusi dua negara yang mencakup negara Palestina berdasarkan perbatasan sebelum perang 1967, ketika negara Zionis menjajah Tepi Barat, Gaza dan kota Baitul Maqdis bagian timur. Mereka juga menyerukan agar kota Baitul Maqdis bagian timur menjadi ibu kota negara Palestina di masa depan.

Sidang Liga Arab tersebut diadakan berdasarkan permintaan oleh Mahmoud Abbas, yang mendesak negara-negara Arab untuk mengambil sikap yang jelas terhadap rencana yang diusulkan Trump (i7).

—————–

Sumber: Qudsnen.co, terbit: 01/02/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *