Surat kabar “Le Monde” berbahasa Prancis melaporkan tentang jumlah bantuan yang telah disalurkan Qatar ke Jalur Gaza yang diblokade sejak tahun 2006, dalam pernyataannya bahwa Doha telah memberikan lebih dari 700 juta dolar sejak tahun 2012 .

Menurut Piotr Smolar, koresponden di Jalur Gaza, total hibah Qatar yang telah disalurkan ke Gaza sejak 2012 lebih dari $ 700 juta yang diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur, perumahan dan bantuan darurat seperti bahan bakar rumah sakit.

Smolar berkeyakinan bahwa hibah Qatar tersebut “merupakan cara untuk mencegah pecahnya perang (di Gaza),” sambil menjelaskan bahwa hal tersebut “masih menjadi topik paling hangat saat ini, dimana ratusan orang memilih antri di depan kantor pos, pada waktu pagi dini hari, demi untuk mendapatkan dana sebesar USD 100 yang diberikan kepada sekitar 100 ribu orang yang dalam kondisi sangat membutuhkan bantuan.”

“Untuk perdamaian abadi, harus ada tiga hal: kebebasan bergerak, penciptaan lapangan pekerjaan yang nyata dan perbaikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Duta Besar Qatar Mohamed Al Emadi, ketua Komite Rekonstruksi Gaza.

November lalu, Qatar mulai meluncurkan program dengan durasi enam bulan senilai USD 150 juta untuk membiayai gaji PNS di Gaza dan pengiriman bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan listrik di sana.

Pada tanggal 26 Januari, Kementerian Pembangunan Sosial di Gaza mulai mencairkan dana tahap ketiga yang bersumber dari dana Qatar untuk 94.000 keluarga di Jalur Gaza, dengan nilai bantuan USD 100 per keluarga.

Qatar berharap bantuan ini akan mengurangi dampak blokade “Israel” yang diberlakukan di Jalur Gaza sejak 2006, disamping juga proyek-proyek rekonstruksi yang dilaksanakan oleh Doha di sana.

Jalur Gaza telah mengalami rangkaian krisis sejak awal pengepungan, terutama pemadaman aliran listrik dalam tempo waktu yang panjang, masalah air dan sanitasi dan pengangguran, serta krisis politik yang tercermin dari perpecahan internal. (i7)

—————————–

Sumber: www.palinfo.com, terbit: 04/02/2019, jam 09:04:51 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *