300.000 Warga Palestina Ditangkap Sejak Intifadah Pertama

Pusat HAM Palestina menyebutkan, lebih dari 300 ribu warga Palestina pernah mendekam dalam penjara Zionis, sejak intifadah pertama 8 Desember 1987 hingga sekarang. Dari jumlah tersebut 210 ribu kasus penangkapan terjadi sejak awal intifadah pertama hingga berdirinya Otoritas Palestina pada pertengahan tahun 1994.

Laporan dari pusat kajian tawanan Palestina menyebutkan, sebanyak 10 ribu Palestina ditangkap antara 1994 hingga intifadah kedua pada 22 September 2000. 81 ribu orang ditangkap selama masa-masa intifadah, termasuk wanita, anak-anak dan orang tua.

Menjelang peringatan intifadah Al-Aqsha yang ke 26 Pusat Kajian Tawanan menganggap Israel telah gagal telak mencapai tujuannya. Walau mereka melancarkan penangkapan besar-besaran, menyebar ketakutan dan membungkam perlawanan. Namun mereka tak mampu menahan tekad bangsa Palestina untuk mengakhiri penjajahan dan mengembalikan tanahnya yang dirampas. Dan walaupun yang masuk penjara lebih dari 750 ribu orang, rakyat Palestina tetap menuutut hak-haknya. (infopal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *