10.000 Orang Palestina Sholat Di Masjid Ibrahim Di Jumat Pertama Bulan Ramadhan

aspacpalestine.com – Tepi Barat. Sekitar 10.000 ribu orang Palestina melakukan sholat di Masjid Ibrahim di kota tua Hebron, bagian selatan Tepi Barat yang terjajah, Jumat (2/6/2017). Sholat tersebut dilakukan di Jumat pertama bulan Ramadhan dan dilakukan di tengah penjagaan ketat tentara Israel.

Seorang khotib di masjid tersebut, Syeikh Hamdi Al-Zghayyar menekankan kepada para jamaah terkait pentingnya mengunjungi dan sholat di masjid Ibrahim. Penekanan tersebut dimaksudkan untuk mencegah rencana Israel dalam “meyahudisasi” masjid tersebut.

Masjid tersebut dipercaya sebagai tempat pemakaman Nabi Ibrahim dan merupakan tempat suci bagi orang Islam dan yahudi. Selain itu, tempat tersebut menjadi lokasi ketegangan kekerasan selama beberapa dekade.

Situs suci tersebut telah dibagi menjadi sebuah sinagog dan sebuah masjid. Pembagian tersebut dilakukan setelah Pemukim Israel kelahiran Amerika,Baruch Goldstein membantai 29 orang Palestina di dalam masjid pada tahun 1994.

Ketua Wakaf Islam di Hebron, Hajj Ismail Abu Al-Halawih menjelaskan kepada Ma’an, bahwa meskipun terdapat pos pemeriksaan dan sejumlah besar pasukan Israel di wilayah tersebut, tetapi Masjid masih “penuh dengan jamaah”

Sekitar 800 pemukim yang dikenal agresif saat ini tinggal di bawah kota tua dan mendapat penjagaan dari militer Israel, serta dikelilingi oleh lebih dari 30.000 orang Palestina.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *