Zionis Tunjuk Pejabat Baru Urusan Sandera

Jerusalem – Secara tiba-tiba PM Zionis Benyamin Netanyahu menunjuk Lior Looten sebagai koordinator urusan sandera dan orang hilang. Tersiar berita dan analisa seputar kemungkinan ada pertukaran tawanan baru dengan gerakan Hamas untuk membebaskan dua serdadu Zionis.

Sumber-sumber media Zionis sebelumnya menyatakan sudah dekat kesepakatan antara gerakan Hamas dan “Israel” untuk melakukan pertukaran baru untuk pembebasan para tawanan Palestina dengan kompensasi pembebasan dua serdadu Zionis Hadar Goldin dan Aron Shaul. Namun pernyataan ini dibantah oleh petinggi gerakan Hamas Mushir al Misri.

Namun dengan langkah Netanyahu menunjuk Looten pada posisi ini, para analis melihat bawah penunjukan ini adalah isyarat lain bagi pertukaran tawanan yang sudah nampak di cakrawala.

Looten menduduki jabatan ini menggantikan David Miden setelah yang terakhi mengundurkan diri, setelah selama tiga tahun sibuk dalam perundingan pertukaran tawanan Palestina dengan serdadu Zionis Gilad Shalit.

Dalam sambutan saat pengangkatan Looten, Netanyahu mengatakan bahwa “Israel” komitmen untuk memulangkan serdadunya yang disandera kepada keluarganya. Sampai saat ini pemerintah Zionis ataupun sumber resmi Zionis belum ada yang menyebut sandera mereka pada Hamas. Namun penunjukan ini sangat menjelaskan bahwa “Israel” sedang mulai perundingan dengan Hamas seputar pertukaran tawanan. (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *