UNRWA: Krisis Suriah Hancurkan Hidup Ribuan Pengungsi Palestina

Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan bahwa konflik di Suriah memiliki dampak “yang menghancurkan” kehidupan pengungsi Palestina di kamp-kamp, salah satunya yang terledak di selatan ibukota Damaskus mengalami gempuran selama dua hari terakhir.

UNRWA menambahkan, laporan-laporan awal menunjukkan bahwa kamp pengungsi Palestina di kota Dira di selatan Suriah terkena dampak langsung dari konflik senjata yang terjadi pada 12 Oktober ini dan mengakibatkan 7 pengungsi Palestina meninggal sementara lebih dari 15 lainnya terluka.

Direktur Urusan UNRWA di Suriah, Michael Kingsley Naenah, menegaskan pentingnya menetralisir kamp-kamp pengungsi Palestina dari konflik dan menghentikan konflik senjata di kamp-kamp dan di wilayah lainnya. Di samping itu semua pihak juga harus melaksanakan komitmennya sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional. Dia menegaskan bahwa konflik senjata di Suriah menghancurkan kehidupan orang-orang Palestina dan rumah-rumah mereka.

Disebutkan bahwa kamp-kamp pengungsi Palestina di Suriah mengalami kerusakan secara meluas akibat konflik senjata yang terus berlangsung sejak Maret 2011 lalu. Di antara kamp pengungsi yang paling terkena dampak langsung dan mengalami kehancuran adalah kamp pengungsi Yarmuk di selatan ibukota Damaskus yang dihuni oleh sekitar 150 ribu pengungsi sebelum puluhan ribu orang eksodus meninggalkan kamp pengungsi tersebut. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *