UNICEF : 400 Ribu Anak Gaza Hadapi Masa Depan Suram

Jenewa – Pusat Informasi Palestina: Ketua Biro Lapangan Organisasi Anak Dunia milik PBB UNICEF di Gaza, Pernille Ironside menegaskan, lebih dari 400 anak tewas dalam serangan Israel ke Gaza dan sebanyak 400 ribu anak lainnya mengalami shock dan menghadapi masa depan gelap. 
Ironside yang mengepalai biro lapangan milik UNICEF di Gaza menambahkan, rekontruksi kehidupan anak-anak Palestina akan menjadi bagian dari usaha paling besar untuk rekontruksi Gaza yang sementara ini mungkin hanya bagaimana cara menghentikan peperangan selamanya. 
“Bagaimana kita berharap para ayah memperhatikan anak-anak atau yang merawat dan mendidik mereka dengan cara positif sementara mereka sendiri tidak bisa hidup sebagaimana layaknya manusia? Bahkan ada keluarga yang kehilangan anggotanya dalam sekali serangan.” tegas Ironside. 
Melalui kontak telepon, ia menegaskan soal konferensi pers PBB di Jenewa bahwa “Bagaimana masyarakat bersikap dengan masalah ini? Hingga tanggal 4 bulan Agustusini, laporan menunjukkan 408 anak atau 31 persen dari total korban tewas dari kalangan sipil. Lebih dari. Lebih dari 70% dari 251 remaja dan 157 remaja putri terbunuh yang usianya 12 tahun atau kurang.” 
Seperti dilansir Reuters, Ironside mengatakan, “Jika anda di usia 7 tahun maka, anda mengalami dua kali peperangan. Dan perang kali ini lebih parah dibanding dari perang 2008-2009 dan 2012.” 
Perkiraan UNICEF mengisyaratkan, sekitar 373.000 anak mengalami mengalami pengalaman shock langsung dan membutuhkan dukungan psikologi dan sosial. 
Ia menjelaskan, pekerja kemanusiaan bekerja dengan segala energi mereka mengurangi dampak kehancuran tindakan penjajah di tambah kerusakan infrastruktur listrik yang menyebabkan saluran air limba berbahaya sehingga tidak ada lagi air sehat dan bersih untuk anak-anak. Mereka rentan terkena gatal-gatal, dan penyakit menular. 
Ironside menegaskan, perkiraan biaya untuk menampung waraga yang rumahnya rusak membutuhkan 40 hingga 50 juta USD di tahun depannya dan itu angka kecil di banding total biaya rekonstruksi Gaza. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *