Turki Gelar Persidangan Pejabat Zionis Terkait Serangan Kapal Mavi Marmara

Hari ini pengadilan Istanbul Turki mulai menggelar persidangan keempat terkait serangan bersenjata terhadap kapal Marmara dan menyeret pejabat militer zionis dengan tuduhan menggunakan kekuatan berlebihan yang menewaskan 9 relawan Turki, saat menuju Gaza dalam aksi kemanusiaan pada 31 Mei 2010.

Para terdakwa tidak hadir di persidangan, mereka itu mantan panglima militer zionis, Ghaby Eskanazi, komandan mariner zionis Eliaz Alfred Marom dan kepala intelijen zionis, Amos Yadlin, serta komandan pasukan udara zionis, Avicoi Levi. Serikat pengacara di Istanbul telah menetapkan pengacara untuk para terdakwa, sesuai aturan hukum.

Salah seorang korban dalam serangan ini, Syahin Ibrahim melaporkan, dakwaan ini akan membentuk tekanan besar bagi entitas zionis, meski tidak meraih hasil yang diinginkan. Dan tujuan dari persidangan ini adalah menghadapi semua kezaliman dan tidak mempersoalkan hasilnya.

Jaksa penuntut umum di Istanbul menuntut untuk menyeret para terdakwa dengan tuduhan membunuh, merampas kapal dan merusak harta benda milik relawan, membungkam kebebasan mereka dan menggunakan senjata menyerang para relawan. Jaksa menuntut agar mereka dihukum seumur hidup.

Pasukan komando zionis menyerang kapal Mavi Marmara pada 31 Mei tahun lalu, lebih dari 500 relawan berada dalam kapal tersebut, mayoritas berasal dari Turki, saat berada di perairan internasional. Pasukan zionis menggunakan gas dan peluru tajam menyerang para relawan yang menewaskan 9 relawan Turki dan melukai 50 lainnya. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *