Trisakti Adakan Seminar Palestina dan Penggalangan Dana

Fakultas Hukum Universtas Trisakti mengadakan seminar tentang Palestina pada hari Rabu, 8 Oktober 2014 dengan mengangkat tema “Buka Mata, Satukan Hati Untuk Palestina”. Bertempat di lantai 12 gedung M, hadir sebagai pembicara Dr. Aji Wibowo, M.A selaku Ketua Studi Hukum Humaniter dan Hak Asasi Manusia Universitas Trisakti, Dr. Saiful Bahri, M.A selaku Ketua Asia Pacific Community for Palestine dan Sylviani Abdul Hamid, SH. MH selaku Sekjen Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Indonesia.

Dalam seminar, Aji sebagai pembicara pertama mengatakan “Ketika Mandat Britania di Palestina berakhir tahun 1948, seharusnya diberikan kepada people yang ada di sana, yaitu orang Palestina. Tapi mengapa Britania memberikan kepada orang yahudi?”, tutur Aji. “Dalam hukum internasional, ketika mandat berakhir harus diserahkan kepada warga setempat, bukan pendatang”, lanjut Aji.

Saiful yang menjadi pembicara kedua menyampaikan tentang permasalahan yang terjadi di Palestina adalah masalah ideologi bukan agama, apalagi hanya sebatas perebutan hak atas tanah. “Islam tidak ada masalah dengan yahudi karena islam mengenal toleransi dan karena yahudi adalah agama keturunan nabi Ya’kub. Yang menjadi masalah adalah ideologi zionis, yaitu pemaksaan kehendak kepada warga yahudi untuk kembali ke bukit zion”, kata Saiful.

Sylviani dalam kesempatan ini menyampaikan pengalaman perjalanannya ke Gaza, Palestina. Bahwa setengah warga Gaza adalah anak-anak. “Oleh karenanya, ketika terjadi penyerangan Israel terhadap Gaza, anak-anak menjadi target pembunuhan”. Disamping itu, Sylviani juga menyampaikan usaha PAHAM untuk menyeret Israel ke International Criminal Court (ICC) melalui jaksa ICC, walaupun usaha ini akan mengalami hambatan khususnya dari Dewan Keamanan PBB.

Acara seminar ditutup dengan penggalangan dana dan penampilan nasyid, yang menyumbangkan lagu We Will Not Go Down karya Michael Heart dan Freedom karya Maher Zen. (alf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *