Sudah 2202 Pengungsi Palestina Gugur di Suriah

Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah telah mendokumentasikan sebanyak 2202 pengungsi Palestina yang gugur sejak konflik terjadi di Suriah. Senin (14/4) kemarin tiga pengungsi Palestina gugur akibat kelaparan, gempuran dan blokade yang terjadi di kamp-kamp pengungsi Palestina di Suriah.

Dalam pernyataannya, Kelompok Kerja untuk Palestina Suriah mengatakan, seorang pengungsi Palestina bernama Syamsiyah Tsatiwi (57) dari kamp pengungsi Sabina yang eksodos ke kamp pengungsi Yarmuk meningal dunia karena kelangkaan obat-obatan dan kurangnya perawatan medis akibat blokade yang terus berlangsung terhadap kamp pengungsi Yarmuk.

Seorang pengungsi Muhammad Dziyad (26) juga meninggal akibat konfrontasi antar kelompok bersenjata. Seorang lainnya, Ali Yakub, meninggal akibat penyiksaan di penjara rezim Suriah. Korban ditahan sejak 8 bulan lalu dari daerah Ain Kirsy di Damaskus.

Di sisi lain, kamp pengungsi Palestina Neirab di Alepo mengalami gempuran sengit dari pasukan rezim Suriah yang mengakibatkan kerusakan parah pada rumah-rumah penduduk.

Di kamp pengungsi Aidin di Himsh, terjadi ketegangan akibat gempuran yang terjadi di wilayah sekitarnya. Sementara itu konfrontasi masih terus berlangsung sengit antara pasukan oposisi dan pasukan rezim di kamp pengungsi Dara’a di selatan Suriah.

Di kamp pengungsi Yarmuk di Damaskus, sejumlah anak keluar dari kamp pengungsi melakukan aksi solidaritas untuk masjid al Aqsha. Anak-anak tersebut meneriakkan yel-yel yang mengekspresikan kemarahan mereka atas penyerbuan yang terjadi di masjid al Aqsha. Sementara itu blokade ketat masih diberlakukan terhadap kamp pengungsi Yarmuk sejak 9 bulan lalu. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *