Sambutan JPFF Ketua ASPAC For Palestine

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji selalu tersanjungkan ke hadirat Dzat Yang Serba Maha, dan shalawat terkirimkan kepada teladan seluruh manusia, Nabi Muhammad SAW.

Asia Pacific Community for Palestine (ASPAC for Palestine) sebagai sebuah konsorsium se-Asia Pasifik, yang menaungi berbagai individu dan lembaga non pemerintah (NGO) yang memiliki kepedulian terhadap perjuangan bangsa Palestina, melawan penjajahan dan pendudukan Zionis Israel.

Para founder lembaga ini telah bertemu beberapa kali, sebelumnya, pertama kali di Jakarta melalui sebuah deklarasi bersama dalam Asia Pacific Community Conference for Palestine pada hari Kamis, 30 Juni 2011 di Jakarta Convention Center (Balai Sidang Jakarta); lahirlah Asia Pacific Community for Palestine.

Konferensi yang dihadiri oleh 395 peserta dari 22 negara di dunia ini terinspirasi pada perjuangan para founder Bangsa Indonesia yang merumuskan pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945. Pada pembukaan tersebut ditegaskan , “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan

Maka sikap bangsa Indonesia baik pemerintah maupun rakyatnya selalu mendukung Bangsa Palestina untuk memperoleh kemerdekaannya. Melawan pendudukan, penjajahan, perampasan, penistaan yang dilakukan Israel, berlawanan dengan semangat kemerdekaan dan merendahkan kemanusiaan.

Sebagai salah satu inisiator ASPAC for Palestine ini, Kantor Pusat di Jakarta kemudian bersinergi dengan berbagai lembaga non Pemerintah nasional untuk menggalang dukungan terhadap Palestina yang kemudian di lanjutkan dengan berbagai LSM/NGO di kawasan Asia Pasifik.

Sejak dibentuknya hingga saat ini Aspac telah melakukan dan terlibat dalam berbagai aktivitas, baik seminar, pelatihan maupun even-even nasional, regional maupun internasional. Di antaranya, sebagai salah satu panitia penyelenggara untuk koordinasi peserta dari Indonesia dan Asia Tenggara dalam even internasional Pawai Damai – Global March to Jerussalem (GMJ) yang diadakan pada 30 Maret 2012 di Jordania. Kemudian dilanjutkan dengan proyek Syaddurrihal, Spirit Perjalanan Suci ke al-Aqsha (Jalur Gaza) pada bulan Mei 2012. TFT (Trainer for Trainer) yang dilakukan untuk para trainer dan muballigh sebagai pembekalan dalam masalah Palestina.

Memasuki pergantian tahun serta dalam mematangkan persiapan Rapat Kerja, ASPAC for Palestine berinisiatif untuk mengadakan Festival Film Palestina di Jakarta untuk edukasi kepada Bangsa Indonesia –khususnya wilayah Jebodetabek- sekaligus hiburan dan wawasan serta penyebaran spirit perlawanan dan anti penjajahan yang sedang dialami oleh Bangsa Palestina. Sebagai program pertama kali, maka akan dilanjutkan ke kota-kota lainnya di Indonesia serta berkoordinasi dengan anggota LSM/NGO kawasan Asia Pasifik yang berada dalam koordinasi ASPAC for Palestine.

Kepada Viva Palestine Malaysia secara khusus kami ucapkan terima kasih atas kesediaannya menjadi perantara memakai jasa Palestine Film Foundation di London untuk mendapatkan beberapa film yang akan di putar pada festival tersebut.

Kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Festival Film Palestina di Jakarta kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga.

Semoga rangkaian aktivitas dan kepedulian ini menjadikan sebab turunnya keberkahan Allah seperti yang tertera dalam firman-Nya “alladzîna bâraknâ haulahû”. Allahumma Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dr. Saiful Bahri, M.A
Ketua ASPAC for Palestine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *