Ridwan: Politisasi Haji, Mesir Kembalikan 8 Jamaah Haji Gaza

Menteri Wakaf Palestina Ismail Ridwan menyayangkan tindakan Mesir mengembalikan delapan jamaah haji Gaza yang melintasi Rafah. Ridwan menegaskan seharusnya menghindarkan masalah haji dari perbedaan politik.

Dalam pernyataannya secara khusus kemarin sore kepada Info Palestina, Ridwan menegaskan total jamaah haji yang telah meninggalkan Gaza hari ini Rabu kemarin mencapai 645 jamaah haji. Sementara pemerintah Mesir mengembalikan delapan jamaah haji, 4 diantaranya jamaah reguler dan 4 lainnya adalah anggota panitia penyelenggara.

Dia mengisyaratkan, kementerian wakaf dikagetkan dengan tidak sampainya 100 paspor jamaah haji sebagian besarnya adalah anggota dari panitia penyelenggara haji yang menemani jamaah ke Makkah. Kmudian mereka dikembalikan dengan alasan yang tidak jelas yang sebelumnya ada himbauan dari Kementerian Wakaf Otoritas Ramallah.

Ridwan menyebutkan sebanyak 27 anggota panitia penyelenggara haji telah dikembalikan selama ini. Dia menyampaikan penyesalannya penyelesaikan masalah haji dengan dengan cara seperti ini. “Kami tidak pernah membayangkan provokasi terhadap Jalur Gaza sampai kepada masalah haji. Kementerian saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Tim Bersama Haji dan akan menyelesaikan masalah ini.”

Dia juga mengatakan sebesar apapun konspirasi yang dihadapi, pihaknya akan terus memberikan pelayanan terhadap rakyat Palestina dalam masalah haji. “Meskipun konspirasi begitu besar kami akan menghadapi dan menyelesaikannya demi jamaah haji. Dia berharap semua pihak pekerja untuk menmengatasi segala hambatan yang dihadapi oleh jamaah haji. Kementerian apakah Palestina akan terus memberangkatkan jamaah haji dengan kuota dan jadwal yang sudah ditentukan melalui perjalanan pesawat terbang yang sudah dipesan di Mesir. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *