Rekonsiliasi Hamas dan Fatah Tercapai

aspacpalestine.com – Kairo.Delegasi 2 faksi Palestina Hamas dan Fatah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi di Mesir, Kamis (13/10/2017). Rekonsiliasi ini diinisiatif oleh negara Mesir. Penandatanganan dari pihak Fatah diwakili oleh ketua Delegasi Fatah ke Kairo, Azzam al-Ahmad, sedangkan pihak Hamas diwakili oleh ketua delegasi Hamas ke Kairo, Sholeh ‘Aruri.

Kesepakatan rekonsiliasi tersebut memberikan kesempatan kepada pemerintah bersama untuk melaksanakan seluruh tugasnya di Gaza paling lambat tanggal 1 Desember. Para pihak juga sepakat bahwa pemerintah Palestina akan menerima seluruh perlintasan  Gaza paling lambat awal Desember mendatang, kepada pengawal presiden Palestina.

Dalam bidang keamanan, kesepakatan rekonsiliasi menuliskan bahwa kepala aparat keamanan di otoritas Palestina akan pergi ke Gaza dalam rangka bertemu dengan penanggungjawab aparat di sektor keamanan, untuk mempelajari metode penerimaan tugas mereka hingga awal desember mendatang.

Koresponden aljazeera di Gaza, Wail Al-Dahduh mengatakan bahwa beberapa orang terlihat senang dengan kesepakatan rekonsiliasi ini. Hal ini terlihat dalam bentuk membagikan permen di jalan-jalan Gaza, terutama di pertemuan-pertemuan di beberapa daerah. Wail menambahkan bahwa beberapa butir kesepakatan merupakan sesuatu yang berkaitan secara langsung terhadap warga Gaza, secara khusus kepada administrasi perlintasan, krisis staf dan krisis listrik

Koresponden aljazeera di Ramalla, Syirin Abu ‘Aqila mengatakan bahwa ada sambutan yang luar biasa terhadap kesepakatan ini di Tepi Barat, setelah beberapa dekade menunggu berakhirnya perpecahan ini. Dia menambahkan bahwa Juru Bicara pemerintah Palestina mengatakan pemerintah siap mengambil alih tugas di Jalur Gaza. Juru bicara menambahkan bahwa jam-jam yang akan datang akan segera terlihat pelaksanaan kesepakatan rekonsiliasi tersebut.

 

Sumber: aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *