Proyek Zionis Ubah Sekeliling Al-Aqsha Jadi Taman David

Al-Quds – Yayasan Wakaf Al-Aqsha yang bergerak di bidang perlindungan tempat suci ummat Islam di wilayah Palestina 48 memantau ada pergerakan pasukan Zionis akhir-akhir ini dalam proyek pendanaan yahudisasi Al-Quds senilai enam juta shekel. Tujuanya adalah membuat jembatan yang menghubungkan antara Tel Abu Tsaur dengan Wadi Rababah di tenggara Kota Lama yang kemudian diubah menjadi Taman Takmud serta Jalan Taurat.

Dalam keterangan persnya, proyek ini bertujuan mengubah secara total sekeliling Al-Aqsha dan Kota Lama menjadi taman Taurat dan sabuk Zionis, selain memotong akses antar wilayah Palestina dan Masjid Al-Aqsha, disamping mengubah letak geografis dan demografis Al-Aqsha serta Al-Quds.

Pemerintah daerah Israel melalui “lembaga amal pelataran terbuka” menganggarkan untuk mendanai proyek yahudisasi ini, termasuk di dalamnya pembangunan dan renovasi puluhan makam Yahudi yang diklaim berada di sekitar Wadi Rababah dengan nama Makam Sambusqi. Mereka mengklaim makam tersebut adalah makam lama yang dihubungkan dengan jalan antara distrik Kota Lama dengan Al-Quds. Ke depan wilayah ini akan berhubungan langsung dengan Hay Al-Bustan di Silwan.

Sejak saat itu, mereka mulai melakukan penggalian di Wadi Rababah melalui jalan otoritas permukiman Elad yang semuanya bertujuan mengelilingi Al-Aqsha dengan proyek Israel, termasuk Silwan, sebelah tenggara Al-Aqsha diubah menjadi pagar permukiman yahudi.

Israel juga akhir-akhir ini memutuskan untuk membangun sejumlah stasiun untuk memenuhi kebutuhan Al-Aqsha dengan taman-taman Talmud, seperti gerbang Sahirah, Amudi, Hebron dan saat sedang membangun taman di Thur, Shawanah, Isawiyah serta taman terluas di wilayah Al-Bustan. (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *