Penjajah Langgar Kesepakatan, Tawanan Abu Khidir Kembali Gelar Mogok Makan

Keluarga tawanan Iyad Abu Khidir (37) dari Gaza melaporkan kepada Pusat Peneliti Tawanan dan HAM, tawanan Abu Khidir kembali menggelar mogok makan, setelah pihak penjara zionis melanggar kesepakatan dan tidak mengembalikannya ke Gaza.

Fuad Khafas, Direktur Pusat Peneliti Masalah Tawanan, menyatakan, tawanan Iyad Abu Khidir menggelar mogok makan terbuka sejak 6/6/2013 lalu disebabkan putusan penjajah yang mendeportasinya keluar Gaza, setelah menghabiskan masa tahanan 8 tahun, serta janji dari pihak penjara yang akan membatalkan deportasi jika Abu Khidir menghentikan mogok makan.

Khafas menyebutkan, tawanan Abu Khidir terkejut dengan putusan pihak penjara, Senin lalu yang menetapkan deportasi baginya keluar Gaza, sehingga ia memutuskan untuk menggelar mogok makan kembali.

Khafas menuntut segenap lembaga HAM untuk melakukan intervensi membebaskan tawanan Iyad Abu Khidir yang telah ditawan sejak tahun 2005 lalu, saat ini penjajah zionis masih menahannya meski hukumannya telah berakhir sejak 12/4/2013. Iyad mengalami sejumlah penyakit terutama di ginjalnya akibat berhenti minum air selama aksi mogok makannya. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *