Pemerintah: 184 Gugur 1399 Terluka Akibat Agresi Terakhir Israel ke Gaza

Pemerintah Palestina di Jalur Gaza mengumumkan jumlah total korban meninggal akibat agresi Zionis Israel dari 14 – 21 November lalu mencapai 184 jiwa dan jumlah korban luka mencapai 1399 jiwa.

Pemerintah Palestina menyatakan bahwa mayoritas korban yang gugur dan terluka adalah laki-laki (86,8%) dan lebih dari separoh korban gugur dan terluka adalah anak-anak dan orang tua. Mayoritas korban yang gugur mengalami luka di sejumlah tubuhnya (87,9%), sedikitnya di dua tempat pada tubuh, di mana luka pada kepada dan leher 28,3%, ini prosentase terbesar di antara tempat tubuh yang mengalami luka.

Dalam konferensi pers yang diadakan hari Ahad (23/12), pemerintah menjelaskan bhawa nilai kerugian materi secara total akibat agresi terakhir Israel ke Jalur Gaza mencapai satu milyar 200 juta dolar. Setengan milyar dolar di antaranya adalah kerugian langsung yang tersebar di berbaga sektor, yang kemudian disorot dan didaftar melalui tim-tim teknis yang dibentuk oleh departemen-departemen terkait.

Dalam laporan yang dipaparkan pemerintah Palestina dalam konferensi per tersebut menjelaskan bahwa kerugian terbesar ada di dua sektor, perdagangan dan industry. Jumlah total kerugian mencapai 213 juta dolar dan jumlah kerugian di sektor industry secara langsung mencapai 40 juta dolar.

Adapun kerugian ekonomi tidak langsung mencapai 22 juta dolar sedang peluang kerugian alternatif mencapai 28,5 juta dolar, sehinga total kerugian di sektor ini mencapai 90,5 juta dolar.

Terkait kerusakan di sektor perdagangan, laporan ini menyebutkan bahwa kerugian langsung mencapai 18 juta dolar dan kerugian tidak langsung mencapai 5,11 juta dolar, peluang kerugian alternatif mencapai 93 juta dolar. Sehingga total kerugian di sektor ini mencapai 122,5 juta dolar.

Mengenai kerugian di sektor transportasi dan perhubungan, laporan ini menyebutkan nilai materi dari kerusakan akibat agresi terakhir Israel ke Jalur Gaza di sektor transportasi dan perhubungan mencapai 3 juta dolar. Kerugian ini mencakup kerusakan kendaraan dengan semua jenisnya, bengkel perwatan, pusar dynamometer, toko-toko suku cadang dan sow room kendaran.

Sementara itu kerugian di sektor pertanian disebutkan, diperkirakan 37 ribu pohon zaitun yang sedang berbuah hancur akibat serangan ke wilayah-wilayah pertanian seluas 1000 acre oleh pesawat-pesawat dan artileri Israel. Nlai kerugian langsung dan tidak langsung di sektor pertanian sampai sekarang mencapai 93 juta dolar. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *