Nyawa 360 Pasien Gaza Terancam Akibat Rafah Ditutup

Kementerian Kesehatan Palestina memperingatkan bahwa nyawa 360 pasien yang dirujuk berobat ke luar negeri dalam bahaya. Itu akibat penutupan perlintasan Rafah untuk hari ke tujuh secara berturut-turut.

Dalam keterangannya hari ini Kamis (11/7) ada 26 pasien sakit yang memiliki surat rujukan karena sakit kanker yang membutuhkan pengobatan intens.

Pihak ketua gawat darurat di kementerian kesehatan Yahya Hidlr menegaskan, ada 20 kasus pasien akut yang harus keluar Jalur Gaza segera, 200 kasus menunggu rujukan, termasuk 22 kasus sudah opname, 26 kasus pembekangkan, 44 kasus operasi bedah umum, disamping 28 kasus penyakit mata, 16 kasus jantung, 52 kasus tulang, 28 kasus penyakit kulit dan kasus melahirkan.

Ia menyebutkan, jumlah pasien yang tidak bisa bepergian keluar Gaza akibat penutupan perlintasan Rafah mencapai 206 kasus, di antaranya pasien anak-anak dan wanita dan lansia.

Hdilr menyampaikan kekhawatirannya krisis akan berlanjut jika perlintasan Rafah masih ditutup. Sebab hal itu akan memperparah kondisi pasien. Ia meminta kepada pihak Mesir untuk menyelamatkan nyawa warga Gaza. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *