Nakba Palestina Di Mata Anak-anak Pengungsi: Kami Akan Kembali

Anak-anak pengungsi Palestina nampak bersemangat menghadiri acara peringatan Nakba (Prahara) Palestina di Jenin, meskipun mereka tidak pernah merasakan Nakba dan belum pernah masuk ke wilayah Palestina 48 untuk melihat desa mereka.

Anak-anak tersebut hanya mengetahui dari cerita orang tua mereka, bahwa mereka terusir dari keluarga dan desa mereka tahun 1948, dan mereka yakin untuk kembali kesana pada suatu hari.

Seorang anak pengungsi Palestina, Hawashin (11) menyatakan, bahwa hak kembali tidak bisa diperdebatkan, dan akan terealisir pada suatu hari dan tidak bisa ditawar-tawar.

Kita tidak akan pernah lupa untuk merealisasi mimpi orang tua kita, dan kita terdidik untuk memperjuangkan hak kembali, ungkap Hawashin.

Nakba Palestina sejak 64 tahun lalu tidak akan pernah lupa dari memori rakyat Palestina, dan terus diwariskan kepada generasi mereka untuk menjaga identitasnya sebagai rakyat Palestina, dan untuk memperjuangkan hak kembali ke negeri asal mereka di Palestina.

Generasi pertama Nakba telah menanamkan lewat peringatan Nakba agar tetap memiliki harapan untuk kembali.

Para ibu-ibu Palestina kerapkali menceritakan peristiwa Nakba dari waktu ke waktu kepada anak-anak mereka. Agar terus terpatri ingatan ini untuk diperjuangan sampai Palestina merdeka dan penjajah zionis terusir dari bumi Palestina. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *