Menkes Ingatkan Bencana Kesehatan Akibat Kelangkaan Obat Di Gaza

Menkes Palestina, Dr. Mufid Mukhillati menuntut masyarakat internasional agar menekan penjajah zionis untuk mengakhiri blockade illegal atas Gaza, dan menyeru pemerintah Mesir untuk membuka perlintasan Rafah dari dua arah bagi para pasien kemanusiaan, dan bantuan kemanusiaan, bahan bakar dan bantuan medis.

Dalam konferensi pers di Gaza, Rabu (18/9) Menteri menyebutkan dampak negative akibat blockade zionis atas Gaza yang telah berlangsung selama 7 tahun berturut-turut, dan dampaknya terhadap sector kesehatan, serta kelangkaan obat dan perlengkapan medis.

Mufid menegaskan, blockade yang dilakukan zionis terhadap Gaza, dan penutupan perlintasan Rafah selama beberapa pekan memicu kelangkaan obat dan perlengkapan medis, yang berdampak langsung bagi sector kesehatan dan pelayanan.

Krisis yang dialami Gaza di sector kesehatan makin meningkat selama 10 pekan terakhir, pasokan obat berkurang 30 %, yang sebelumnya masuk ke Gaza lewat perlintasan Rafah. Dan kelangkaan 145 jenis obat dari daftar obat utama yang mencapai 500 jenis.

Sementara itu kelangkaan suplemen medis mencapai 460 jenis dari 904 jenis yang dibutuhkan. Di samping 100 jenis yang hampir habis selama setahun ini.

Menteri menyerukan kepada bangsa Arab dan pihak peduli di dunia untuk memberikan dukungan bagi perjuangan warga Gaza, dan menuntut pihak HAM dan Palang Merah Internasional serta PBB dan WHO untuk memberikan bantuan kepada pasien di Gaza.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *