Lembaga HAM Eropa Serukan Bantuan Untuk Warga Palestina di Yarmuk Suriah

Lembaga HAM Eropa Euromed menyerukan semua pihak melindungi dan menghentikan seranganya terhadap para pengungsi Palestina di Kamp Yarmuk, Damascus Suriah, ditengah eskalasi yang semakin meningkat terhadap mereka dari pasukan rezim Basyar Asad.

Dalam pernyataanya, Euromed untuk HAM yang berkantor di Jenewa, Kamis (20/12) menyebutkan, ratusan keluarga Palestina menjadi sasaran senjata tentara rezim Suriah. Mereka kini sedang menuju perbatasan antar Suriah-Libanon dan Jordania. Mereka mendapati kesulitan untuk melintasi perbatasan dan mendapat pengamanan.

Warga yang sudah melintasi perbatasan Libanon, kurang lebih 2000 an pengungsi. Namun mereka mengalami masalah kesehatan akibat kurang terparhatikan UNRWA. Mereka tak dapat perlindungan, baik tempat penampungan, makanan ataupun kesehatan.

Euromed menyerukan untuk secepatnya memberikan bantuan bagi mereka, terutama UNRWA yang bertanggung jawab atas nasib para pengungsi Palestina. Disamping lembaga-lembaga kemanusiaan lainya agar segera memberikan bantuan untuk para pengungsi yang kini kehilangan tempat tinggal dan keamanan. Mereka bisa bekerja sama dengan Libanon ataupun Jordania untuk menghapus sejumlah peraturan tang menghalangi mereka melintasi perbatasan kedua Negara.

Pada saat yang sama, Euromed menegaskan tentang pentingnya penerapan sangsi bagi razim Suriah yang terus menerus menggempur kamp pengungsi Palestina di negaranya. Padahal jelas mereka mendapat perlindungan secara hukum dari dunia internasional.

Adanya kelompok bersenjata di lingkungan Kamp pengungsi, tak bisa dijadikan alasan untuk membantai warga sipil yang berada di sana. Karena jelas sebagai penentangan terhadap undang-undang internasional dan dianggap sebagai kejahatan perang, ungkapnya. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *