Laporan: Penjajah Zionis Tangkap 80 Ribu Warga Palestina Sejak Intifadah Al-Aqsha

Laporan resmi Palestina mencatat, penjajah zionis menangkap puluan ribu warga Palestina selama 13 tahun terakhir, usai Intifadah Al-Aqsha September 2000.

Dirjen Statistik Kementerian Urusan Tawanan dalam laporannya, Jumat (27/9) menyatakan, sejak Intifadah kedua pada 28 September tahun 2000 sampai hari ini, tercatat hampir 80 ribu penangkapan yang digelar pasukan penjajah Israel terhadap rakyat Palestina.  

Laporan menyebutkan, di antara yang ditawan selama rentang waktu tersebut terdapat sekitar 9500 anak-anak Palestina berusia di bawah 18 tahun, sekitar 60 anggota parlemen dan sejumlah menteri, lebih dari 900 wanita, gadis maupun ibu-ibu, 4 di antaranya melahirkan di dalam penjara di tengah situasi yang keras dan sulit, di samping ratusan menderita sakit dan korban luka, para wartawan, akademisi, tokoh politik dan profesional.

Data menyebutkan, pengadilan militer zionis sejak awal Intifadah Al-Aqsha sampai saat ini telah menerbitkan vonis sebanyak 24 ribu penahanan administratif terhadap warga Palestina, yakni tanpa dakwaan tertentu bagi mereka.

Penjajah zionis melanjutkan penawanan terhadap sekitar 5200 tawanan Palestina yang terbagi di 17 penjara, 13 dari mereka adalah anggota parlemen, 146 tawanan administratif, 220 anak-anak, 13 wanita Palestina, semuanya mengalami beragam penyiksaan fisik dan mental, dan mendekam di penjara yang sangat tidak manusiawi, banyak pelanggaran HAM yang dilakukan penjajah zionis terhadap mereka.

Dalam konteks yang sama, laporan menyebutkan, 81 tawanan gugur di dalam penjara selama rentang 13 tahun terakhir ini, akibat penyiksaan maupun pembunuhan sengaja atau karena tindak kekerasan yang berlebihan, di samping secara sengaja para pasien tidak diberikan pengobatan, sehingga jumlah yang gugur mencapai 204 orang.

Laporan menyebutkan, penjajah zionis mendeportasi 290 warga Palestina dari Tepi Barat dan Al-Quds ke Gaza atau keluar wilayah Palestina.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *