Laporan PBB: 218 Ribu Warga Palestina Terlantar Akibat Agresi Israel ke Gaza

Gaza – Sebuah laporan PBB menyebutkan ribuan warga Palestina yang meninggalkan rumah-rumah mereka akibat gempuran Zionis ke Jalur Gaza sekarang ini mengalami kondisi sangat sulit karena mereka hidup terlantar tanpa tempat bernaung.

Biro PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di Tanah Palestina (OCHA) mengatakan dalam laporan yang diterbitkan hari Sabtu (16/8), jumlah orang-orang yang terlantar akibat agresi Zionis ke Jalur Gaza mencapai lebih dari 218 ribu warga. Mereka tersebat di 87 sekolah milik Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi Palestina (NNRWA) di berbagai penjuru Jalur Gaza.

Laporan ini menyatakan, lebih dari 100 ribu warga Palestina membutuhkan tempat tinggal alternative setelah pasukan penjajah Zionis menghancurkan rumah-rumah mereka secata total atau rusak berat sebagiannya. Laporan ini menambahkan, aksi militer Zionis telah mengakibatkan 230 rumah hancur, 90 di antaranya adalah milik UNRWA, 25 di antaranya hancur total.

OCHA menambahkan, ada kebutuhan mendesak untuk menyediakan bantuan tunai seniai sekitar 68 juta dolar untuk lebih dari 17 ribu keluarga Palestina yang mengalami dampak parah akibat perang yang dilancarkan Zionis ke Jalur Gaza.

Laporan ini mengingatkan, ada ribuan roket dari sisa-sisa perang dan peledak yang ditinggalkan di daerah penduduk dan di fasilitas milik PBB di Jalur Gaza. Hal ini menjadi ancaman bahaya besar bagi nyawa warga sipil, terutama anak-anak, para petani, relawan dan pengungsi internal. (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *