Konvoi Laut Tuntut Pembebasan Blokade Gaza

Ketua komite rakyat bebaskan blokade Gaza, Jamal Khudari meminta dikirimkan kembali konvoi kapal laut lebih banyak lagi untuk membebaskan, Gaza dari blokade yang telah berlangsung sejak enam tahun lalu.

Khudari dalam konferensi pres dalam peringatan lima tahun datangnya kapal anti blokade Gaza, Kamis (22/8). Ia mengatakan, blokade Gaza hingga kini belum belum berhenti. Maka tentu penderitaan akibat blokade ini makin parah, ditambah penutupan sejumlah perlintasan mengakibatkan sejumlah kebutuhan mendasar warga tidak masuk ke Gaza.

Telah menjadi hak bagi kami untuk memiliki pelabuhan dan bebas menangkap ikan di perairan sendiri. Ia mengisyaratkan, berhentinya sejumlah pembangunan di pelabuhan Gaza dan berlanjutnya pelanggaran yang bertubi-tubi pada para nelayan berikut penembakan serta penangkapan terhadap mereka.

Dalam pada itu, Khudari menyerukan pembukaan perlintasan Rafah secepat mungkin, demi untuk menghindari masalah kemanusiaan yang kian tumpang tindih di Gaza. Ia menambahkan, tak mungkin bagi kita hanya mengandalkan satu perlintasan saja yang tak bisa memenuhi kebutuhan di Gaza. Banyak  proyek di Gaza terhenti akibat penutupan perlintasan dan blokade laut.

Khudari mengecam sikap diam Arab dan internasional yang membiarkan blokade Gaza tanpa tindakan apapun. Ia menyerukan ditingkatkanya dukungan konvoi laut demi untuk meringankan penderitaan warga yang sudah lama terjadi. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *