Kongres Amerika Tambah Anggaran Iron Dome ‘Israel’ Hingga 1,2 Milyar Dolar

Washington – Dewan Senat Amerika “Kongres” Amerika dalam beberapa hari ke depan akan melakukan voting soal rancangan penambahan anggaran hingga 1 milyar dolar untuk sistem pertahanan Kubah Baja ‘Israel’ anti rudal dan roket.
 
Para perundingan Kongres menyetujui rancangan anggaran 1,1 triliyun dolar, 351 juta dolar untuk menambah pendanaan sistem pertahanan Iron Dome ‘Israel’ di tahun 2015.
 
Dari total anggaran belanja Negara Amerika selama ini, sebesar 619,8 juta dolar khusus untuk program senjata ‘Israel’ dan ditambah 172 juta dolar khususkan untuk tambahan untuk sistem pertahanan pertahanan anti rudal. Dana tersebut kemudian dirancangkan akan ditambah sebesar 315 juta dolar sehingga untuk tahun 2015 mencapai 1,2 milyar.
 
Namun rancangan anggaran 172 juta itu diberikan dengan syarat ‘Israel’ memberikan data-data tambahan kepada kementerian pertahanan Pentagon dan Kongres soal program dan rencana untuk membangun sistem mereka di Amerika.
 
Kongres mensyaratkan perusahaan Amerika dalam produksi suku cadang Kubah Baja untuk bekerjasama dengan perusahaan Rafael ‘Israel’ untuk mengembangkan senjata mengingat anggaran Amerika yang besar namun kerjasama itu berjalan lambat.
 
Perusahaan senjata Amerika Raytheon pada April lalu memenangkan transaksi 149 juta dolar dengan perusahaan ‘Israel’ dalam menggunakan jaringan untuk suplai sumber kedua bagi suku cadang roket penangkap Timer yang digunakan dalam sistem Iron Dome. (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *