Kerakyatan: Intifadah Ciptakan Perimbangan Ketakutan Bagi Zionis

Front Kerakyatan untuk pembebasan Palestina menegaskan, kembali ke perundingan dengan Israel telah merugikan perlawanan dan berakibat pada munculnya intifadah kedua. Dengan demikian intifadah telah mampu menciptakan perimbangan ketakutan di kalangan Israel sendiri.

Jamil Muhzhir anggota komite pusat Front dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (29/9) mengatakan, intifadah kedua telah mengubah perimbangan kekuatan dan telah menempatkan masalah Palestina di meja perundingan internasional. Intifadah kedua telah berinvestasi namun hasilnya salah. Karena intifadah tersebut tidak memanfaatkan peluang tersebut dengan persatuan nasional. Sementara Zionis mampu mengendalikan perannya.

Ia mengisyaratlan ada sejumlah alternativ pilihan yang bisa dilakukan. Pertama dan paling utama adalah persatuan nasional, lalu bekerja dengan konsep nasional secara kolektif mengikut sertakan seluruh komponen faksi serta terakhir berpegang pada perlawanan dengan segala bentuknya.

Dalam pada itu, Front menegaskan pentingnya terus melangkah untuk menyeret Zionis ke pengadilan internasional. Langkah tersebut akan membuat Zionis diisolasi oleh internasional.

Intifadah kedua meletus pada 28 September 2000 kemudian berlangsung hingga lima tahu ke depannya. Maka pada 8 Februari 2005 terjadi bentrokan senjata sangat besar dari sebelumnya. Tercatat 4412 meninggal syahid dan lebih dari 48000 orang luka-luka.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *