Kajian Internal Rekonstruksi Gaza dalam Sorotan (1)

Kamis, 6 Nopember 2014, Pengurus Asia Pacific Community for Palestine mengadakan kajian internal sebagai bentuk upgrade wawasan kepalestinaan. Kajian internal yang menjadi agenda pekanan, kali ini mengangkat tema tentang Rekonstruksi Gaza dalam Sorotan. Tema tersebut akan menjadi pembahasan kajian internal selama bulan Nopember 2014 ini. Sessi pertama kajian tersebut disampaikan oleh Ustaz Saiful Bahri, ketua Asia Pacific Community for  Palestine.

 

Di awal pembicaraan ustaz Saiful menyampaikan pembahasan Gaza dan isu Palestina tidak bisa dipisahkan dengan pembahasan Masjid Al-Aqsha secara khusus. Dalam materi pengantar ini beliau lebih fokus berbicara tentang kendala-kendala proyek rekonstruksi Gaza. “Rekonstruksi Gaza menjadi masalah yang cukup kompleks, dan setidaknya, rekonstruksi Gaza baru bisa selesai dalam rentang waktu 15 tahun”, ungkap ketua ASPAC yang juga dosen pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta.

 

Ada beberapa faktor yang menjadi kendala rekonstruksi Gaza saat ini, diantaranya faktor internal Palestina. Sejak rekonsiliasi Pemerintahan Hamas dan Fatah disepakati, belum ada langkah riil untuk mensupport proyek rekonstruksi Gaza, dan ini menjadi kendala besar.

 

Faktor lain yang menjadi kendala adalah kondisi perbatasan sebagai pintu masuk pasokan barang kebutuhan dan infrastruktur Gaza, dalam hal ini Refah lewat Mesir. Faktor lain adalah kondisi tatanan global yang berefek kepada isu Palestina secara umum, juga rekonsiliasi Gaza secara khusus. (AY).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *