Kajian Internal Pengurus, Bahas Palestina di Fase Islam

Kamis (13/6/2013) Divisi Kajian ASPAC for Palestine menggelar kajian pekanan pengurus bertemakan “Palestina di Fase Islam.” Bertempat di aula kantor ASPAC for Palestina di lantai 4, MUC Building Jakarta Selatan, kajian rutin pengurus ASPAC for Palestina diselenggarakan secara berkala dengan kurikulum khusus yang telah disiapkan oleh tim Kajian ASPAC for Palestine.

Dalam kajian Palestine di Fase Islam ini bertindak sebagai pemateri adalah Muhammad Syarief, Lc. yang membagi tema tersebut ke dalam empat bab. Bab pertama membicarakan Palestina di masa Khulafaurrasyidin, bab kedua, Palestina di masa dinasti Muawwiyah dan Abbasiyah, bab tiga, Palestina di masa perang Salib dan bab terakhir Palestina di masa Sholahuddin Al-Ayyubi. 

Pemateri menjelaskan dengan detail bagaimana Umar bin Khattab selaku khalifah sepeninggalan Abu Bakar As-Shiddiq menjadi orang pertama yang membuka pintu kota Al-Quds tanpa sedikitpun ada pertumpahan darah.

Diceritakan pula bagaimana Palestina berganti-ganti penguasa di masa dinasti paska berakhirnya fase khulafaurrasyidin. Dan bagaimana masjid suci Al-Aqsha harus mengalami beberapa kali renovasi dikarenakan gempa yang melanda.

Karena terbatasnya waktu, kajian terbatas ini belum membahas bab perang Salib dan fase Sholahuddin. Menurut rencana akan dilanjutkan pada hari Kamis pekan berikutnya. (sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *