Jumlah Tawanan Palestina di Penjara Zionis 4804 Orang

Pusat HAM Palestina (Justice Center) mengatakan bahwa jumlah tawanan Palestina yang mendekam di dalam penjara-penjara Zionis mencapai 4804 tawanan, 14 di antaranya wanita dan 235 lainnya berada di bawah umur 18 tahun.

Dari total jumlah tawanan, 170 tawanan berasal dari wilayah Palestina terjajah 1948, 177 tawanan dari penduduk al Quds, dua tawanan dari Dataran Tinggi Golan, 536 tawanan dari Jalur Gaza dan 4099 tawanan dari Tepi Barat.

Menurut data yang dikeluarkan pihak penjara Zionis pada 10 April lalu, merespon surat pengacara Rima Ayyub dari Justice Center, yang meminta rincian jumlah tawanan, maka dari total jumlah tawanan ada 1224 tawanan tanpa proses hukum, 159 dikenai penahanan administratif, 546 tawanan divonis penjara seimur hidup (di antaranya 18 dari wilayah Palestina 1948, 27 dari al Quds dan 455 dari Tepi Barat), dan 3173 tawanan divonis beragam.

Justice Center menerbitkan berkas yang di dalamnya menjelaskan bentuk-bentuk diskriminatif terhadap tawanan di bandingkan para tahanan lainnya di penjara Zionis. Berkas ini juga mengisyaratkan pernyataan terang-terangan dari dinas intelijen Zionis Shin Bet, pihak penjara dan mahkamah tinggi, bahwa diskriminasi ini bukanlah tiba-tiba, namun kebijakan yang dituduhan dan dianggap ‘difahami dan beralasan’.

Dalam berkas yang ditulis pengacara dari Justice Center, ini menyabutkan bahwa “peran mahkamah tinggi dalam membela hak-hak tawanan sipil dalam dekade terakhir terus semakin buruk. Peninjauan terhadap keputusan-keputusan pokok di pengadilan-pengadilan Zionis terungkap secara jelas bahwa para hakim lebih mengutamakan tidak intervensi disaat pelanggaran terhadap hak-hak asasi tawanan Palestina. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *