Israel Berencana Gusur 70 Acre Tanah Shur Baher Al-Quds

Menejemen Tanah Israel berencana menggusur 70 acre tanah Gazael, utara Shur Baher di wilayah Dzaher Al-Quds untuk permukimahn Zionis

Seorang warga Nasher Abdu rabbaih salah seorang yang terancam tanahnya akan digusur dalam pernyataan persnya mengatakan, pada tahun 1971 telah dilakukan penggusuran sekitar 2240 acre tanah Palestina di wilayah tersebut. Kemudian dibangun permukiman Armon Hansev Israel di hampir seluruh wilayah gusuran. Hanya sekitar 70 acre saha yang ditunda pembangunanya, karena ada penolakan dari warga.

Sumber menambahkan, Israel berencana membangun wilayah permukiman di tanah sisanya tersebut seluas 50 hingga 70 acre mencakup 18.000 meter persegi dengan 1000 meter persegi untuk sentra perdagangan hingga tempat ibadah yahudi.

Abdu Rabbih mengatakan, lima tahun sebelum Israel menempelkan surat penggusuruan di sejumlah pohon zaitun di kawasan yang hendak digusur, mereka memberitahukan kepada warga untuk mengungkapkan keberatanya. Disebutkan, peringatan ini menuntut warga Palestina untuk memotong pohon zaitun milik mereka dan memindahkanya ke tempat yang lain. Pengajuan penolakan diterima hingga tanggal 13 bulan depan. Kalau sampai tanggal itu, tidak ada penolakan maka pihak menejemen Israel berhak mengambil alih tanah tersebut.

Ditambahkan, tanah-tanah yang akan digusur adalah milik 20 keluarga Palestina, bahkan warga telah memutuskan untuk menggelar shalat jum’at di tanah tersebut, pekan depan. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *