Israel Berencana Bangun Permukiman Baru di Lembah Yordan

aspacpalestine.com – Al-Quds. Channel 20 Israel menyatakan secara resmi berencana untuk membangun sebuah permukiman baru, di bagian utara daerah Lembah Yordan (Al-Quds Timur terjajah).

Saluran tersebut memberitakan bahwa kementerian Pembangunan dan Perumahan sedang merencanakan untuk membangun sebuah permukiman baru di sebuah lokasi bernama “Brosh” (sebuah daerah yang saat ini menampung permukiman pemuda yahudi).

Saluran tersebut juga menyebutkan bahwa rencana itu termasuk membangun 100 rumah pemukiman di wilayah, yang dihuni oleh sejumlah kafilah dengan 50 siswa terdapat di dalamnya. Daerah tersebut saat ini sedang menghadapi sebuah ancaman penggusuran.

Menurut berita tersebut, konstruksi permukiman baru memerlukan sebuah keputusan pemerintah dan dapat menimbulkan reaksi politik yang signifikan.

Situs channel tersebut menjelaskna bahwa daerah Brosh telah menjadi area rekreasi di masa lalu dan beberapa tahun terakhir telah menjadi sebuah permukiman pemuda yahudi religius.

Pada 23 Desember 2016, Dewan Keamanan PBB mengadopsi sebuah draft resolusi yang mengecam permukiman-permukiman Israel. Resolusi tersebut menekankan fakta bahwa permukiman adalah ilegal dan mengancam solusi dua negara serta proses perdamaian.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *