Hamas: Seruan Amr Musa untuk Akui Israel Intervensi Terang-terangan

Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengecam seruan Sekjen Liga Arab Amr Musa agar Hamas menerima Inisiatif Perdamaian Arab dan mengakui eksistensi negara penjajah ‘Israel’. Hamas menilai itu sebagai “intervensi terang-terangan dalam urusan internal Palestina.

Petinggi Hamas Hussam Badran menilai, seruan itu tidak mencerminkan sikap mayoritas bangsa Arab dan umat Islam yang menolak eksistensi negara penjajah zionis di tanah Arab.

Rabu (7/5) lalu Amr Musa menyatakan agar gerakan Hamas yang sedang melakukan proses rekonsiliasi dengan Otoritas Palestina, menerima Inisiatif Perdamaian Arab dan mengakui eksistensi negara penjajah ‘Israel’.

Hal tersebut disampaikan Musa di depan para wartawan di Washington. Dia menambahkan, “Hamas harus mengumumkan menerima Inisiatif Perdamaian Arab tahun 2002 yang menjadi rencana normalisasi, pengakuan negara Israel, juga pendirian negara Palestina dan penarikan (‘Israel’) dari tanah pendudukan.

Badran menyatakan bahwa rekonsiliasi nasional Palestina membutuhkan sikap-sikap yang mendukung dan menyokong, bukan pernyataan-pernyataan yang merusak suasana. Dia menambahkan, “Pernyataan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan Amerika dan penjajah Zionis. Yaitu untuk tujuan-tujuan politik dan factor-faktor pribadi yang tidak berkaitan dengan urusan Palestina.”

Dia menegaskan bahwa pernyataan seperti itu membahayakan isu Palestina dan rekonsiliasi internal, memberi pembenaran untuk terus memburu para pejuang perlawanan dan memperketat blokade terhadap Jalur Gaza.

Petinggi Hamas ini mengatakan, “Yang lebih utama bagi orang yang menyampaikan pernyataan ini, agar dia menyampaikan kritik dan pernyataannya kepada penjajah zionis karena mereka lah penjahat utama dalam konflik ini.” (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *