Grandi: Kondisi Gaza Sangat Memprihatinkan, Perlintasan Harus Segera Dibuka

Komisaris Jenderal UNRWA, Filippo Grandi menuntut masyarakat internasional untuk segera menyelamatkan Jalur Gaza dan mencabut blokade, jika tidak dilakukan maka akan menyebabkan kondisi sangat memprihatinkan.

Dalam konferensi persnya di kantor UNRWA di Gaza sesaat sebelum meninggalkan jabatannya dan berakhir masa tugasnya sebagai Komisaris Jenderal, Grandi menyatakan, “Blokade yang menimpa Gaza merupakan blokade terbesar dalam sejarah modern, blokade ini sangat illegal dan harus segera diakhiri.”

Saya katakan kepada masyarakat internasional, jangan tinggalkan Gaza, karena saat ini Gaza sangat membutuhkan dukungan Anda lebih dari sebelumnya, jika blokade tidak diakhiri, maka kondisi Gaza akan sangat memprihatinkan.

Grandi menuntut pemerintah Mesir untuk menunaikan komitmennya segera membuka perlintasan Rafah, dan mengijinkan warga Gaza bepergian. Dengan tetap menghormati alasan keamanan, namun tidak mungkin mengisolasi warga Gaza di kawasan kecil ini, terutama bagi mereka yang sakit dan para mahasiswa yang hendak melanjutkan kuliah mereka, tegasnya.

Grandi melanjutkan, “Kami menghormati kebutuhan Mesir dan Israel untuk melindungi keamanan warganya, namun dunia jangan pernah lupa terhadap warga Gaza, karena keamanan mereka juga sama dengan keamanan warga lainnya,” pungkas Grandi. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *