Freedom Flotilla Rencanakan Tembus Blokade Gaza Kembali

 Gabungan aktivis kemanusiaan dalam Freedom Flotilla merencanakan pertemuan di London pada 10-11 Mei ini untuk membahas agenda aksi menembus blockade Jalur Gaza  melalui jalur laut.

Pertemuan itu akan dihadiri oleh perwakilan-perwakilan lembaga anggota koalisi Freedom Flotilla yang sudah pernah ke Gaza dari sekitar 10 negara dan akan menggelar konferensi pers pada Senin depan untuk mendeklarasikan langkah-langkah ke depan untuk membebaskan blockade dari Jalur Gaza.

Anggota koalisi Freedom Flotilla dan perwakilan Komite Internasional untuk Pembebasan Blokade Gaza, Zahir Bairawi menegaskan dalam pernyataan pers tertulisnya bahwa pertemuan tersebut akan membahas usaha pembebasan blockade dan perkembangan terakhir terkait proyek pembebasan Jalur Gaza  dan usaha peledakan yang dialami oleh skoci yang sudah disiapkan dalam waktu dekat dari Gaza ke perairan internasional untuk kemudian ke lautan lepas.

Selain itu juga akan dibahas garis besar yang akan diteken ribuan aktivis solidaritas Gaza dan penenteng blockade illegal yang sudah diadukan ke sekjen PBB belakangan untuk meminta agar menempuh kerja seharusnya mengakhiri blockade Gaza. Para aktivis itu terdiri dari politisi, tokoh penting dari berbagai negara. Mereka meminta agar ada usaha massif dari masyarakat internasional agar warga Palestina memperoleh hak-haknya untuk berdagang dan bepergian ke luar negeri dengan bebas.

Freedom Flotilla adalah sekelompok aktivis yang tergabung dalam enam kapal laut yang diorganisir dalam Lembaga Bantuan Kemanusiaan Turki. Salah satu dari dua kapal itu adalah Mavi Marmara. Kapal lainnya didanai oleh Kuwait dan Aljazair. Sementara tiga kapal lainnya milik organisasi Kampanye Eropa Anti Blokade Gaza dan Kapal Swedia dan kapal Yunani serta Organisasi Freedom Gaza. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *