Direktur UNRWA: Blokade Gaza Tindakan Ilegal

Direktur Operasional Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi Palestina “UNRWA”, Robert Turner, menilai bahwa blokade terhadap Jalur Gaza adalah tindakan ilegal. Blokade itu merupakan hukuman kolektif bagi penduduk yang jumlahnya lebih dari satu setengah juta jiwa Palestina, yang hidup dalam kondisi sangat sulit.

Robert Turner meminta masyarakat internasional untuk membebaskan blokade secepat mungkin. Dia juga meminta dukungan pada UNRWA untuk meemberikan layanannya dan pengembangannya di berbagai bidang. Dia menegaskan bahwa kebutuhan besar dan kompleks.

Hal tersebut disampaikan Turner dalam konferensi pers hari Selasa (2/7) terkait laporan PBB yang menilai bahwa Jalur Gaza tidak akan layak untuk hidup pada tahun 2020. Dia mengatakan bahwa UNRWA telah menentukan visinya untuk menghadapi masalah yang dialami Jalur Gaza. Dia menambahkan bahwa UNRWA bekerjasama dengan pemerintah Jepang dan melalui yayasan JICA akan mengkaji solusi energi alternatif seperti penggunaan panel surya untuk penyediaan energi.

Dia menjelaskan bahwa panel-panel tersebut akan mulai dipasang di fasilitas-fasilitas UNRWA yang bisa menyediakan banyak energi di Jalur Gaza. Dia menyatakan bahwa UNRWA akan melakukan pelatihan kepada para teknisi dan pekerja trampil untuk pemasangan dan pemeliharaan sitem tersebut, yang akan dikelola sektor suwarta Palestina.

Turner mengatakan bahwa jumlah pengungsi Palestina akan bertambah 400 ribu jiwa hingga tahun 2020 dan akan mencapai 1,6 juta. Ini berarti tekanan besar pada infrastruktur dan berbagai pelayanan, yang menuntut campur tangan untuk mengatasi semua hasil yang diakibatkan di lokasi yang sangat padat dan sesak.

Dia menambahkan, “UNRWA merencanakan peran besar dalam membangun stasiun desalinasi (pnyediaan air bersih dari air laut) di tengah kesulitan besar untuk mendapatkan air bersih.” Dia menyatakan sekarang ini sudah ada diskusi dengan pihak donatur untuk membangun stasiun kecil untuk desalisasi air laut dan proyek pemompaan kembali air untuk air tanah, serta akan dilakukan pembangunan proyek daur ulang sampah padat.

Turner meminta masyarakat internasional mendukung UNRWA untuk membeerikan pelayanan dan pengembanganya di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, keamanan makanan, kesehatan lingkunga dan pelayanan sosial. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *