Dewan Menlu Arab Serukan Pembebasan Blokade Gaza

Dewan Menlu Arab menyerukan pembebasan blokade dzalim yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza yang kini seudah memasuki tahun yang ke tujuh secara berturut-turut.

Dalam pernyataan penutupan pertemuan darurat yang diadakan di kantor Liga Arab, Sabtu (21/12), Menlu Arab menegaskan sikap Arab yang mendukung pembebasan penuh blokade Zionis atas Jalur Gaza dan keharusan merealisasikan rekonsiliasi Palestina segera dan atas dasar perjanjian Kairo dan Doha yang telah ditandatangani.

Dewan Menlu Arab juga menegaskan komitmennya mendirikan negara Palestina merdeka di seluruh tanah Palestina yang diduduki penjajah Zionis tahun 1967 dengan ibukota al Quds Timur.

Mereka menegaskan bahwa sikap ini selaras dengan inisatif perdamaian Arab dan keputusan legalitas internasional terkait terutama resolusi DK PBB nomor 252 yang dikeluarkan tahun 1968 dan prinsip tanah berbanding peramaian, dengan menolak semua langkah-langkah dan rencana-rencana serta kebijakan-kebijakan ‘Israel’ yang bertujuan merubah realita demografi dan geografi di tanah Palestina yang diduduki termasuk al Quds.

Menlu Arab mengatakan, dilanjutkannya perundingan Palestina-‘Israel’ tidak lain adalah buah gayung bersambut antara negara-negara anggota tetap di DK PBB dengan langkah Arab yang menuntut diakhirinya penjajahan dalam mengatasi isu Palestina dengan tujuan untuk mengakhiri konflik dan merealisasikan perdamaian yang adil dan menyeluruh, ini juga disambut oleh pemerintah Amerika yang memberikan mediasi dan jaminan bagi proses dilanjutkannya perundingan sesuai asas, kaedah dan referensi legalitas internasional terkait dan dalam kerangka memberi waktu tambahan bagi perundingan tersebut selama 9 bulan mulai akhir November 2013 sampai April 2014. (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *