Design Your Future: Persembahan Terbaik Untuk Masjid al-Aqsha

Jumat pagi, 20 Oktober 2017 menjelang pembukaan resmi muktamar, delegasi Indonesia yang berjumlah 47 orang dari berbagai lembaga dan organisasi berkumpul di Ruang Marmaris, Hotel Kaya Istanbul. Pada pertemuan yang dimoderatori oleh Ust Muhammad Damiri, M. Pd -pimpinan Pesona al-Quds Bandung- tersebut diadakan silaturahim dan perkenalan antar sesama peserta dan pembekalan. Dr. Saiful Bahri, M.A, Ketua Aspac for Palestine menyampaikan materi pembekalan berjudul Design Your Future: Al-Aqsha, Zionisme dan Simpul-Simpul Pembebasan. Dalam pemaparannya, beliau membuka interkoneksi siklus peradaban dan peradaban politik serta kekuasaan, juga peran para pelaku peradaban. Ibnu Kholdun membuat teori siklus peradaban: (1) Hari-hari dan kondisi sulit menghadirkan tokoh dan pahlawan, (2) Tokoh dan pahlawan menghadirkan perubahan dan kemakmuran, (3) Kemakmuran memunculkan orang-orang manja dan orang malas, (4) Orang-orang manja dan orang manja membuat hari-hari menjadi sulit.

Ibnu Hajar al-Asqalaniy menulis sebanyak 9478 biografi para sahabat Nabi Muhammad SAW. Atau sekitar 8,3 % dari jumlah total para sahabat Nabi SAW yang menurut Abu Zur’ah ar-Raziy berjumlah sekitar 114.000 orang.

Belajar dari hal tersebut, perlunya menyediakan para simpul masyarakat dan tokoh yang memberi pemahaman yang baik tentang Masjid al-Aqsha dan Palestina. Jika tersedia para penyuluh, dai, ulama, guru, para pemuda, akademisi, pengusaha, kalangan profesional dan berbagai simpul masyarakat lainnya yang cukup, maka umat ini akan bangkit dan bergerak bergelombang menyisir dan menggulung kezhaliman dan ketidakadilan.

Di penghujung acara pembekalan delegasi Indonesia, Sekjen Aliansi yang baru Dr. Akrom al-Adluniy berkenan bergabung dan memberikan kata sambutan serta berdialog interaktif dengan para peserta asal Indonesia.

Acara pembekalan dan perkenalan diakhiri dengan prakata dan inspirasi kisah seorang pengukir replikasi mimbar Shalahuddin di Masjid al-Aqsha, Bapak Abdul Muthalib. Ustadz Heri Efendi, Lc –pegiat kemanusiaan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP)- menutup acara pembekalan untuk selanjutnya mengarahkan para peserta ke ruang utama di Auditorium. Bergabung bersama dengan para peserta dari berbagai negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *