Demo Besar-Besaran di Maroko dan Turki Solidaritas Al-Aqsha

Rabat/Ankara – Kota Casablanca Maroko Jumat (7/11) kemarin diwarnai unjuk rasa besar-besaran untuk solidaritas Masjid Al-Aqsa. Mereka menolak agresi Zionis selama ini di Al-Quds dan tempat-tempat suci ummat Islam.

Aksi ini dilakukkan oleh lebih dari 20 organisasi berbasis masyarakat di Casablanca yang menolak agresifitas Zionis dan pemerintahanya terhadap Masjid Al-Aqsa. Peserta aksi yang terdiri dari berbagai kalangan dan usia dan orientasi mengecam simbol-simbol resmi Arab yang dinilai lemah. Mereka menuntut penghentian normalisasi dengan Zionis sekaligus tindakan negara-negara Arab secara resmi untuk menghentikan penjaajahan dan kriminalitas Israel.

Sementara itu di Turki, sejumlah lembaga sipil terorganisir melakukan aksi pawai untuk memprotes agresi Zionis ke Masjid Al-Aqsa, pada Jum’at (7/11).

Di kota “Ushak” Turki barat, sebanyak 12 lembaga sipil, mengecam agresi Zionis, di depan markas kotamadya kota Turki, di mana sejumlah besar warga mengambil bagian dalam aksi ini, termasuk perempuan dan anak-anak.

Kemudian mereka berhenti di gedung pemerintah dan meneriakkan slogan-slogan untuk melawan “Israel” dan pemerintahnya. Mereka juga tersebar di jalan-jalan, alun-alun, sambil melambai-lambaikan bendera Palestina dan Turki. Mereka mengajukan banding ke dunia Islam serangan-serangan Zionis.

Dalam pidatonya di depan para demonstran,  Fatih Gooch” ketua platform Turki menyebutkan, sangat penting mengakhiri serangan Zionis terhadap kiblat pertama umat Islam. Ia  mengutuk pasukan Zionis menyerbu Al-Aqsa dengan sepatu bot mereka dan menangkap warga Palestina. 

Gooch mengatakan, “Kalian telah menodai Masjid Haram al-Sharif dengan kaki kalian, menghina Alquran”, mengajak banyak negara Arab untuk berpartisipasi dalam serangan ini agar setuju dengan “Israel” dan menuntut PBB agar bergerak cepat untuk menghentikan agresi ini, yang telah mengusik perasaan umat Islam”. (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *