Aspac for Palestine Gelar PFGD Jilid 2

Jakarta, 7 Maret 2013. Asia Pacific Community for Palestine kembali menyelanggarakan diskusi bulanan Palestina yang tergabung dalam PFGD (Palestine Focus Group Discus). Pertemuan kedua ini mengundang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan juga relawan dari Adara Relief Internasional.

Acara diskusi ini diawali dengan pengenalan tentang organisasi Aspac for Palestine, yang dipimpin langsung oleh ketua Aspac, Dr. Saiful Bahri, MA, yang juga menjadi pemateri dalam PFGD jilid 2 tersebut.

Diskusi kali ini membahas pendekatan Palestina dari kacamata sosiologis. Kemudian dijabar lebih lanjut oleh Dr. Saiful bagaimana sejarah menuliskan bahwa bangsa Yahudi menempati Palestina hanya selama 80 tahun di masa nabi Daud dan nabi Sulaiman.

Lalu dengan runut beliau menceritakan perkembangan Palestina dari masa ke masa, termasuk juga cikal bakal lahirnya perlawanan di Palestina dan perjuangan penduduknya serta bangsa Arab dalam membebaskan tanah Palestina melalui beberapa kali pertempuran secara masiv.

Suasana diskusi semakin hangat dengan dibukanya sesi tanya jawab. Dimana masing-masing peserta menyampaikan pandangannya tentang kondisi Palestina saat ini. Dibahas pula bagaiman sikap PBB yang dinilai tidak tegas membiarkan batas teritorial wilayah Israel dalam ketidakjelasan sehingga memungkinkan Israel kembali menginvasi wilayah lain dan mewujudkan impiannya membuka negara Israel Raya yang tebentang dari sungai Eufrat hingga Nil di Mesir.

Diakhir kajian ini, salah satu peserta dari UMJ mengatakan, bahwa ia sangat berminat dengan kajian ini dan berniat untuk mengundang Aspac for Palestine ke kampus UMJ dengan membawakan materi serupa untuk para mahasiswa di sana. (msy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *