Aliansi Freedom Flotilla Berencana Kirim Armada Ke 3 Untuk Akhiri Blokade Gaza

LONDON — Aliansi Freedom Flotilla mengumumkan rencana mereka memberangkatkan armada pembebasan 3 ke Gaza, pertengahan tahun mendatang.
 
Dalam siaran persnya, Rabu (10/12) Aliansi mengatakan, persiapan akhir telah dibahas pada pertemuan yang digelar tanggal 6-7 Desember kemarin, disepakati untuk memberangkatkan 3 kapal yang menggunakan nama “Buka Pelabuhan Gaza.”
 
Zaher Birawi, kordinator internasional untuk akhiri blokade Gaza mengatakan, “Upaya mengakhiri blokade tak pernah berhenti sampai warga Gaza meraih kemerdekaan dan kebebasan untuk bergerak, baik orang maupun barang, lewat semua perlintasan, darat, laut dan udara.”
 
Birawi menegaskan, pemilihan nama armada ke 3 “Buka Pelabuhan Gaza” merupakan ungkapan kesadaran para aktifis internasional bahwa pembangunan pelabuhan di Gaza sangat urgen untuk kehidupan warga Palestina di Gaza, dan penolakan Israel dan Mesir sangat tak logis.
 
Birawi menyerukan kepada Uni Eropa untuk melakukan tekanan kepada Mesir dan Israel agar mengijinkan dimulainya pembangunan pelabuhan di Gaza, yang menjadi syarat utama perlawanan Palestina dalam gencatan senjata pada akhir agresi zionis ke Gaza.
 
Mengenali alasan keamanan dan kekhawatiran ancaman Israel, Birawi meyakini bahwa Uni Eropa bisa memberikan pengawasan maupun lembaga internasional lainnya.
 
Anggota aliansi yang membubuhkan tandatangan bagi pemberangkatan armada pembebasan ke 3 antara lain: Kapal Kanada Untuk Gaza, Kampanye Eropa Untuk Akhiri blokade Gaza, Armada Italia, IHH Turki, Komite Internasional untuk akhiri blokade Gaza di Spanyol, Kapal Gaza-YUnani, Kapal Gaza-Norwegia, Kapal Gaza-Swedia, Aliansi Solidaritas Untuk Palestina-Afrika Selatan, Miles of Smiles, dan Solidaritas Yordania untuk Gaza. (infopalestina.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *